Yurikamome, Kereta Penghubung Teluk Tokyo

Yurikamome merupakan alat transportsi dengan sebuah rangkaian kereta yang pergerakannya diatur secara sentral di pusat pengendali sehingga tanpa memerlukan masinis di dalamnya. Moda transportasi yang dibangun pada 1995 ini merupakan jenis moda transportasi otomatis pertama yang dibangun Jepang, di mana seluruhnya diatur oleh komputer. Para penumpang tinggal mengikuti jam-jam kedatangan dan keberangkatan yang ditentukan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Di kalangan masyarakat Tokyo, Yurikamome sering disebut monorail, meski sebutan tersebut sangat tidak tepat untuk menggambarkannya. Karena Yurikamome tidak memerlukan rel lantaran digerakkan oleh roda layaknya bus atau truk.

yurikamome

Meski sama-sama menggunakan ban karet, Yurikamome tidak lantas melintas di jalanan aspal. Dia memiliki jalur sendiri, seperti halnya dengan kereta listrik di Jepang. Kadang sejajar dengan jalan aspal, kadang melintas di jalan layang, dan cukup sering melintasi jembatan di atas perairan teluk Tokyo.

Pada bagian kiri dan kanan rangkaian kereta, terhubungkan sedemikian rupa dengan dinding-dinding pembatas. Mirip seperti mainan mobil Tamiya. Ini membuat Yurikamome tak keluar lintasan meski menempuh kecepatan tinggi.

Pegas Yurikamome terasa sangat empuk. Meski menempuh kecepatan tinggi dengan trek naik turun, tidak terasa adanya goncangan berarti.

Yurikamome_shiodome_2

Yurikamome digerakkan oleh tenaga listrik. Kecepatan rata-rata yang ditempuhnya 60 km/jam.

Panjang rute yang ditempuh Yurikamome 14,6 Km saja. Moda transportasi ini memang dikhususkan untuk menghubungkan ke titik-titik yang terpisahkan oleh perairan teluk Tokyo.

 

Sumber: detik

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya