Yasukuni Shrine

Yasukuni Shrine, atau kuil Yasukuni, terletak di Chiyoda, Prefektur Tokyo. Kuil Shinto yang semula bernama Tokyo Shokonsha ini merupakan sebuah kuil yang diperuntukkan untuk menghormati dan mengabadikan mereka yang gugur dalam peperangan, terutama yang berperang demi kejayaan Kekaisaran Jepang pada 1867-1951.

Sampai saat ini, Kuil Yasukuni masih menimbulkan beragam kontroversi. Di satu sisi, kuil ini dibangun dengan tujuan mengenang para korban perang. Sedangkan di sisi lain, dari 2.466.532 nama yang bersemayam di kuil ini, 1.068 diantaranya telah disahkan sebagai penjahat perang dalam Perang Dunia II. Bahkan 14 diantaranya merupakan penjahat perang kelas A.

Tak heran jika setiap kunjungan politis ke kuil ini selalu menuai polemik, apakah bersimpati terhadap korban perang, atau merupakan bentuk dukungan terhadap kekejaman perang. Namun diluar kontroversi yang mungkin akan membingungkan bagi wisatawan, Kuil Yasukuni memang memiliki pesona tersendiri yang membuatnya istimewa.

Sekalipun luasnya “hanya” 6,25 hektar (dan banyak kuil lain yang jauh lebih luas dari Kuil Yasukuni), kuil ini menarik karena beragamnya fungsi dan fasilitas yang terdapat di dalamnya. Selain karena faktor sejarah dan kontroversinya, kuil ini juga menyimpan banyak pesona lain yang menarik untuk ditelusuri satu persatu. Dan percaya atau tidak, konon disinilah satu-satunya tempat yang dapat membuat para kaisar Jepang tunduk.

yasukuni_1

yasukuni_2

Terdapat Daiichi Torii yang merupakan gerbang besar dengan ukuran yang monumental, yaitu tingginya mencapai 25 meter dengan lebar 34 meter. Tak heran jika Daiichi Torii ini disebut sebagai gerbang kuil terbesar di Jepang. Torii sendiri merupakan gerbang yang menyimbolkan batas dunia “manusia” dan dunia “dewa”, sehingga jangan heran jika Anda akan menemukan banyak torii sebelum sampai ke bangunan utama kuil ini.

yasukuni_3

yasukuni_4

 

Setelah melewati Daiichi Torii, berturut-turut Anda akan melihat Monument of Hitachimaru dan Irei no Izumi (soul-comforting spring) sebelum sampai ke Statue of Omura Masujiro yang dibuat untuk mengenang jasa-jasa Omura Masujiro, pelopor tentara Jepang modern.

yasukuni_5

yasukuni_6

 

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Kuil Yasukuni, kuil ini dapat dicapai dengan berjalan kaki selama beberapa menit dari Stasiun Kudanshita. Stasiun ini dapat diakses melalui Hanzomon, Tozai, dan Shinjuku Subway Lines. Kuil Yasukuni dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 6.00-18.00 waktu setempat (hingga pukul 19.00 selama bulan Mei-Agustus, dan hingga pukul 17.00 pada November-Februari), namun saat terbaik untuk berkunjung ke kuil ini adalah saat bunga Sakura di halaman kuil mulai bermekaran.

2164_central_07

Pada saat itu, halaman kuil akan dipenuhi dengan bunga Sakura yang memberikan suasana ceria pada Kuil Yasukuni. Waktu kunjungan terbaik lainnya adalah saat diadakannya matsuri atau festival. Sebetulnya, hampir setiap hari ada perayaan tertentu di Kuil Yasukuni.

Namun jika Anda ingin datang pada festival besar, terdapat beberapa festival utama yang diadakan pada 1 Januari (festival tahun baru), 11 dan 17 Februari (National Foundation Day dan festival panen musim semi), 21-23 dan 29 April (festival musim semi dan Showa Festival), 29 Juni (Gosoritsu Kinenbisai), 13-16 Juli (Mitama Matsuri), 17-20 Oktober (festival musim gugur), 3 dan 23 November (ulang tahun Kaisar Meiji dan festival buah), serta 23 Desember (ulang tahun kaisar saat ini). Selain tanggal-tanggal tersebut, setiap bulannya juga diadakan Tukinamisai yang diadakan setiap tanggal 1, 11, dan 21.

Sebagai info tambahan, untuk mengunjungi Kuil Yasukuni tidak dikenakan biaya. Kecuali jika Anda berkunjung ke Yushukan, Anda harus membeli tiket seharga ¥100 (pelajar SD), ¥300 yen (pelajar SMP & SMA), ¥500 (mahasiswa), dan ¥800 (dewasa). Yushukan buka setiap hari mulai pukul 9.00-17.00 (kecuali saat Mitama Matsuri, buka hingga pukul 21.00).

Berikut beberapa komentar pengunjung Yasukuni Shrine di Trip Advisor:

  • Edward02494 (Boston)–>> Ada banyak kuil yang terdapat di wilayah Tokyo, tetapi ini dekat dnegan wilayah Haru. Gerbang besar akan menyambut kedatangan kalian. Kami melihat pengantin setelah upacara dan pesta pernikahan di kuil ini dengan pakaian tradisional lengkap.
  • Ashley K (Australia)–>> Sangat menarik untuk mengunjungi kuil ini karena keunikannya. Tata letak, air terjun, museum dan berbagai patung menempati posisi yang benar-benar indah dipandang mata. Saat memasuki meseum, akan terbayang keterlibatan Jepang dalam Perang Dunia II. Secara keseluruhan, tempat ini dianjurkan untuk dikunjungi.
  • Fiona T (Singapura)–>> Saya mengunjungi tempat ini pada bulan April dalam rangka pertunjukan sumo gratis. Kalian perlu datang lebih awal karena akan dipadati penduduk lokal dan wisatawan. Dianjurkan untuk membawa tikar dan beberapa makanan ringan, karena pertunjukan sumo akan sangat lama. Terdapat makanan di dalam kuil, tetapi Anda perlu untuk mengantri.

 

Mau ke tempat-tempat ini teman-teman?
Biar lebih hemat, pakai JR PASS  yhaaa…. (^-^)

jual_jr_pass

Daftar Harga JR Pass

Japan Rail Pass
Type
Ordinary
Green Car
Duration
Dewasa
Anak
Dewasa
Anak
7 consecutive days
29,110 yen
14,550 yen
38,880 yen
19,440 yen
14 consecutive days
46,390 yen
23,190 yen
62,950 yen
31,470 yen
21 consecutive days
59,350 yen
29,670 yen
81,870 yen
40,930 yen

 

Yang paling istimewa adalah, JR Pass ini khusus untuk WNA Jepang, alias orang Jepang sendiri tidak menggunakan fasilitas ini. Dan yang terpenting adalah, kalian harus ingat untuk menunjukkan fotokopi PASSPORT ASLI yang sudah mendapatkan visa dengan status “temporary visitor” saat membeli JR PASS.  Tunggu apalagi? buat kalian yang sudah punya rencana ke Jepang, beli JR Pass sekarang juga.

 

JR Pass bisa didapatkan di:

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) JAKARTA OFFICE TEL 021-29426820

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) BALI OFFICE TEL 0361-758027  FAX 0361-757429

EMAIL: [email protected]

Jika kalian ingin memesan secara langsung melalui telphone mohon untuk mengatakan mendapat informasi dari  jualjrpass.com ataupun melalui j-cul.com

 

 

Jual Jr pass

 

Jual Jr pass Jual JR PASS website Kalian tidak perlu capek-capek datang ke kantornya, karena JR Pass bisa dipesan lewat telepon dan akan dikirim ke alamat kalian.  Ayo buruan tunggu apa lagi!

Ada diantara kalian yang sudah datang ke tempat ini??? di share yhaa pengalamannya…….indahnya berbagi  :* :* :*

 

 

Sumber: jalan2.com, tripadvisor, japan-guide

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya