kereta_api

Yang Harus Kalian Lakukan Jika Tanpa Sengaja Terjatuh Ke Rel Kereta Jepang

Yang namanya musibah bisa menimpa siapa saja dan bisa terjadi kapan saja. Pernahkan kalian berpikir, gimana jika secara tidak sengaja melihat orang yang terjatuh ke perlintasan kereta api atau kita sendiri yang terjatuh? Mudah-mudahan sie tidak pernah mengalami hal ini yhaa, tapi penting banget untuk tau, apalagi kereta api di jepang bener-bener cepat. Dan sebagian besar orang Jepang mabuk saat pulang kerja dan ini bisa saja menjadi penyebab utama terjatuhnya ke rel kereta.

Caranya adalah:
1. Tombol Emergency Stop ( 非常停止ボタン )

Ini adalah tombol darurat untuk menghentikan kereta menuju jalur ini. Dan kalian JANGAN PERNAH MENEKAN tombol ini jika tidak dalam keadan darurat, jangan coba-coba selfie ataupun menyentuh tombol ini. Tombol ini akan menyebabkan pemberhentian darurat (emergency stop) kereta yang sedang menuju stasiun ini atau akan memperingatkan masinis kereta untuk menghentikan kereta secara manual yang bisa menyebabkan para penumpang di dalam kereta berjatuhan dan mungkin mendapat luka.

kereta_api_1

2. Platform Step (ホームステップ )

Rel kereta di Tokyo lebih rendah satu meter atau lebih dari platformnya, jadi akan sangat sulit untuk memanjat naik sendiri. Untuk di propinsi lain mereka memiliki anak tangga untuk naik kembali ke platform atau juga dalam bentuk lain untuk yang dapat kalian jadikan tempat berpijak dan naik ke platform (biasanya mereka memberi warna tertentu agar mudah dilihat). Jika kalian terjatuh, cobalah cari pijakan itu dan cepatlah kembali secepat kamu bisa.

kereta_api_2

3. Tempat Perlindungan (ホーム下退避スペース/ホーム下避難場所 )

Lihat di bagian bawah platform! Hampir seluruh stasiun menyediakan tempat seperti di foto, kalian harus masuk ke tempat itu agar bisa terhindar dari ditabrak kereta. Namun kalian juga harus berhati-hati terhadap tegangan tinggi dari relnya, jadi Jangan Menginjak Rel. Dan cobalah mencari tempat perlindungan, jika kalian tidak ingin terkena aliran listrik! Cara ini sungguh tidak disarankan, tetapi masih bisa menolong dalam keadaan terdesak.

kereta_api_3

 

Hal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah  jika kalian menjatuhkan sesuatu ke rel kereta (handphone, dompet, tas, dll), jangan tekan tombol darurat, sebaiknya kalian lari saja ke petugas, dan biasanya mereka memiliki alat untuk mengambilnya kembali tanpa harus turun ke rel. Orang Jepang selalu memiliki berbagai alat untuk segalanya, karena seringkali para penumpang menjatuhkan barang mereka ke rel makanya mereka membuat alat untuk mempermudah mengambil kembali dan mengembalikannya pada penumpang tanpa harus turun ke rel.

 

 

Sumber: japantourlist.com

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya