“Yanaka” Kawasan Tradisional di Pusat Kota Metropolitan Tokyo

Kawasan Yanaka dapat menjadi alternatif wisata bagi kalian yang bosan dengan suasana modern, atau jenuh dengan tema historis yang masih terlalu ramai dan terasa komersial. Di Yanaka, kalian akan merasakan suasana layaknya kota-kota lama dimana bangunan-bangunan hanya setinggi 2-3 tingkat saja, dan sedikit mengingatkan pada setting cerita dalam anime Doraemon.

Disini kalian tak akan menemukan apartemen maupun gedung tinggi menjulang, melainkan rumah-rumah yang berdiri di atas tanah (landed house) dengan desain arsitektur minimalis modern maupun tradisional modern. Banyak juga rumah-rumah yang sudah berusia puluhan tahun, dan masih mempertahankan gaya arsitektur tradisional (yang sangat menarik untuk diabadikan melalui kamera foto).

Mayoritas jalan di Yanaka hanya cukup untuk 1 mobil dan 1 motor (kecuali jalan utamanya), namun tetap nyaman untuk digunakan berjalan kaki karena jalur pejalan kaki tetap tersedia.

Tak sulit untuk mencapai kawasan Yanaka. Anda dapat turun di Stasiun Nippori, maupun turun di Stasiun Nishi Nippori. Jika ingin menjelajah Yanaka dari atas, Anda dapat mulai dari Stasiun Nishi Nippori dan kemudian pergi ke arah bawah melalui jalan-jalan perumahannya.

yankaa

Ada pengalaman unik tersendiri jika kalian menyusuri Yanaka dengan memasuki jalan-jalan kecilnya (tidak melewati jalan utama), karena disini Anda dapat melihat berbagai keharmonisan peninggalan masa lalu yang masih berdiri hingga saat ini, seperti aneka bangunan kuil dan area pemakaman yang berdiri berdampingan dengan rumah-rumah penduduk.

Tak hanya rumah-rumah penduduk yang dapat dilihat di Yanaka. Disini juga terdapat beberapa spot menarik untuk dikunjungi dan diabadikan melalui jepretan kamera. Salah satunya adalah Yanaka Ginza, sebuah shopping street dimana terdapat ±70 toko dengan suasana yang mengingatkan akan Tokyo-tempo-doeloe.

yanaka_1

yanaka

Terdapat berbagai macam barang yang terdapat disini, mulai dari bunga, sayur dan buah, stationery, dan banyak lagi. Harga-harganya relatif terjangkau, dan proses tawar menawar antara pedagang dan pembeli termasuk salah satu aktifitas yang menarik untuk diamati.

Kuil dan pemakaman yang berdiri diantara rumah penduduk juga termasuk salah satu spot menarik untuk dikunjungi, dan jumlahnya relatif banyak lho. Salah satunya adalah Suwa Shrine (kuil Suwa), sebuah kuil Shinto yang letaknya tak jauh dari Stasiun Nishi Nippori. Kuil ini cukup asri dan sangat terawat, dengan pohon-pohon rimbun menghiasi area kebun dan struktur tangga batu yang cukup dominan.

yanaka_3

Disini ada sebuah peraturan yang harus ditaati, yaitu jangan duduk di tangga kuil (ada peraturan tertulis dalam bahasa Jepang). Beberapa langkah dari kuil Suwa, ada Joko-ji Temple yang merupakan kuil Budha dan memiliki area pemakaman yang berdampingan dengan rumah penduduk.

Kuil Budha lain yang wajib dikunjungi adalah Zensho-en Temple, dimana terdapat patung Budha berwarna emas setinggi 20 kaki, serta Jomyoin Temple yang konon memiliki 84000 patung Jizo!^^ Versi lain menyebutkan bahwa patung Jizo-nya kira-kira hanya 20000, tapi tak ada yang dapat menghitung jumlah pastinya (saking banyaknya).

Selain keempat kuil tersebut, masih banyak lagi kuil yang terdapat di Yanaka, baik kuil kecil maupun kuil besar, serta kuil Shinto maupun kuil Budha. Tak heran jika tempat ini, selain dijuluki forgotten Tokyo, juga sering disebut sebagai silent Asakusa.

Jangan lewatkan untuk mengunjungi Yanaka Cemetery (Yanaka Reien) saat kalian berada di Yanaka. Kompleks pemakaman ini tak jauh dari Stasiun Nippori, dan termasuk salah satu kompleks pemakaman yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.


yanaka_2
yanaka_4

Berikut beberapa komentar dari Tripadvisor mengenai tempat wisata Yanaka:

  • Mechika E (Tokyo)–>> Tempat yang sangat indah. Yanaka merupakan area wisata sejarah di Tokyo. Saya memiliki banyak waktu untuk berjalan-jalan di sekitar jalan di Yanaka. Terdapat banyak kuil dan restauran untuk dikunjungi.
  • Atsukokaki (Tokyo)–>> Waktu shopping yang menyenangkan. Terdapat banyak toko-toko yang dihiasi dengan interior warna naturan dan juga Yanaka Ginza. Tidak perlu khawatir masalah makanan, karena restoran menyajikan menu makanan yang lezat-lezat.
  • Ryukmi (Osaka)–>> Sunset. Mall di Showa memiliki suasana retro yang sangat bagus. Terdapat tangga, dimana dari sini dapat melihat sunset yang sangat indah.
  • TakakaUkon(Tokyo)–>> Kucing Primadona. Terkadang saya pergi kesini tanpa tujuan. Hanya naik kereta dari rumah saya, dan saya bisa melihat kota yang menyenangkan. Kucing sebagai objek di Yanaka Ginza menarik wisatawan untuk datang.
  • Mint614–>> Hawa Tokyo masih terasa. Tempat ini direkomendasikan untuk Anda yang suka berbelanja atau untuk membeli oleh-oleh. Banyak terdapat toko dengan aneka barang yang menarik. Rasa makanannnya masih sama seperti di Tokyo.

 

Mau ke tempat-tempat ini teman-teman?
Biar lebih hemat, pakai JR PASS  yhaaa…. (^-^)

jual_jr_pass

Daftar Harga JR Pass

Japan Rail Pass
Type
Ordinary
Green Car
Duration
Dewasa
Anak
Dewasa
Anak
7 consecutive days
29,110 yen
14,550 yen
38,880 yen
19,440 yen
14 consecutive days
46,390 yen
23,190 yen
62,950 yen
31,470 yen
21 consecutive days
59,350 yen
29,670 yen
81,870 yen
40,930 yen

 

Yang paling istimewa adalah, JR Pass ini khusus untuk WNA Jepang, alias orang Jepang sendiri tidak menggunakan fasilitas ini. Dan yang terpenting adalah, kalian harus ingat untuk menunjukkan fotokopi PASSPORT ASLI yang sudah mendapatkan visa dengan status “temporary visitor” saat membeli JR PASS.  Tunggu apalagi? buat kalian yang sudah punya rencana ke Jepang, beli JR Pass sekarang juga.

 

JR Pass bisa didapatkan di:

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) JAKARTA OFFICE TEL 021-29426820

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) BALI OFFICE TEL 0361-758027  FAX 0361-757429

EMAIL: [email protected]

Jika kalian ingin memesan secara langsung melalui telphone mohon untuk mengatakan mendapat informasi dari  jualjrpass.com ataupun melalui j-cul.com

 

 

Jual Jr pass

 

Jual Jr pass Jual JR PASS website Kalian tidak perlu capek-capek datang ke kantornya, karena JR Pass bisa dipesan lewat telepon dan akan dikirim ke alamat kalian.  Ayo buruan tunggu apa lagi!

Ada diantara kalian yang sudah datang ke tempat ini??? di share yhaa pengalamannya…….indahnya berbagi  :* :* :*

 

 

Sumber: Jalan2.com, tripadvisor, japan-guide.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya