WORKSHOP COSPLAY BY TASUKI TULUNGAGUNG

Hallo-hallo lama tak berjumpa, bagaimana kabar sodara-sodaraku semua sebangsa dan setanah air? Seger, waras, slamet kabeh ‘tho? Hohohoho… Kali ini saya mau mengulas hasil liputan saya saat mampir ke kota kecil di Jawa Timur yang bernama Tulungagung (yakin dah jarang orang luar Jatim tahu kota ini, hehehehe.. sedih sih, datte boku no uchi wa koko nan damon T^T). Di kota sekecil dan setidak populer seperti Tulungagung, tidak membuat kota ini jadi terbelakang soal IPTEK, khususnya yang berbau Jejepangan. Banyak otaku-otaku dan cosplayer-cosplayer hebat lahir dan tumbuh di kota ini dengan segala keterbatasannya. Namun berkat kekompakan antar penggemar budaya Jepang yang solid, mereka mampu membangun sebuah wadah tempat berbagi hobi yang kemudian kita kenal dengan nama TASUKI atau Tulungagung Daisuki. Dalam perjalanannya, TASUKI juga sering menemui banyak kerikil tajam, namun berkat kekompakan para anggotanya, hal ini dapat dilalui.

IMG_1823

Well, saya tidak akan membahas lebih lanjut mengenai biografi TASUKI, tapi lebih kepada kegiatan yang mereka lakukan pada Minggu, 30 Desember kemarin. Yup, TASUKI mengadakan workshop tentang cosplay dengan sasaran peserta para penggemar kebudayaan Jepang di kota Tulungagung yang notabene adalah para siswa menengah atas. Salah seorang peserta bercerita kepada saya bahwa orang-orang akan memandang rendah atau bahkan mencemooh saat mengetahui kegemarannya adalah menonton anime dan membaca manga. Seperti yang kita tahu, ‘film kartu dan komik’ adalah untuk dikonsumsi anak-anak merupakan sesuatu yang sudah sangat mainstream beredar di pikiran kebanyakan masyarakat kita. Kembali ke topik, kegiatan ini mengambil tempat di alun-alun kota Tulungagung yang teduh dan asri dimana karena hari minggu banyak sekali warga yang datang untuk piknik bersama keluarga, serta beberapa komunitas lain juga berkumpul seperti komunitas Parkour dan Yu-Gi-Oh. Saya pun dipercaya untuk menjadi pembicara mengenai kostum yang berbahan dasar kain atau non armor.

Acara dimulai dengan perkenalan semua peserta yang datang, baik dari anggota TASUKI maupun yang bukan. Hal ini bertujuan untuk lebih mendekatkan diri dan menghilangkan kesan individualis diantara yang hadir saat itu. Dan ini dia tampang unyu sodara-sodara kita dari Tulungagung. Ada yang kenal nggak?

IMG_1786

IMG_1787

IMG_1788
IMG_1791

IMG_1789

IMG_1790

IMG_1792

IMG_1794

IMG_1795

IMG_1798

IMG_1799

IMG_1801

IMG_1802

IMG_1804

IMG_1807

IMG_1809

IMG_1803

IMG_1811

IMG_1825

IMG_1819

Setelah saling memperkenalkan diri, acara dilanjutkan dengan penjelasan saya mengenai kostum yang berbahan dasar kain atau non armor. Saya yang yang tidak pandai menjelaskan sesuatu secara lisan informal sangat senang sekali ketika respon yang diberikan sangat baik sehingga interaksi berlangsung begitu menyenangkan. Banyak pertanyaan seputar jenis-jenis kain yang diajukan dan dengan senang hati saya menjawabnya sesuai pengalaman yang telah saya dapatkan selama 8,5 tahun berkecimpung di dunia cosplay.

IMG_1828

IMG_1813

IMG_1815

IMG_1833

Pukul 12.00 adzan sholat Dhuhur dikumandangkan dari masjid terdekat, sehingga workshop ini pun dijeda dengan ISHOMA. Sambil menikmati makanan ringan dan jajanan yang dijajakan di sekitar alun-alun, kami mengobrol santai. Acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai pembuatan kostum armor sebagai dasar pembuatan kostum tokusatsu oleh Mas Andik “Kei” Prasetyo yang merupakan sesepuhnya TASUKI.

IMG_1851

IMG_1853

IMG_1856

IMG_1858

IMG_1849

IMG_1848

IMG_1859

IMG_1870

IMG_1873

IMG_1877Beberapa pertanyaan sempat diajukan sehubungan dengan pembuatan kostum armor atau yang berbahan dasar busa ati. Antara lain ialah pelapisan busa pra pengecatan agar nantinya cat yang telah diaplikasikan tidak mudah pecah atau rusak, serta pembuatan pola dasar armor. Mas Kei menjelaskan bahwa saat melapisi busa ati, sebaiknya mencampurkan 1 bungkus lem kayu dan 2 sendok makan aquaproof dengan air secukupnya, jangan terlalu encer. Aquaproof berfungsi memberikan elastisitas pada busa sehingga tidak keras saat dicat, jadi ketika kering cat pun tidak mudah retak, sedangkan cara membuat pola dasar helm bisa dengan papercraft dan untuk pola badannya bisa dijiplak dari kaos sehingga pas di badan.

Workshop berakhir sekitar pukul 14.oo WIB. Satu hal yang membuat saya salut adalah rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang mereka ciptakan. Setiap ada teman yang datang, pasti akan menyalami semua teman yang ada di situ baik yang sudah kenal maupun belum, begitu pula saat berpamitan pulang semua juga saling menyalami. Hati kecil saya merasa terharu akan hal yang kelihatannya sesepele ini. Tapi memang tidak bisa dipungkiri, yang seperti ini tidak pernah saya rasakan pada komunitas di tempat saya menuntut ilmu sekarang. Individualisme masing-masing anggota masih kental sekali. Yah, memang tak ada gading yang tak retak. Begitu pula dengan manusia dan segala sifat-sifat bawaannya. Dan, sebelum pulang wajib palakin foto cewek-cewek dulu donk. Maklum, peserta cewek yang datang sedikit sekali.

IMG_1861

IMG_1863

IMG_1866

IMG_1881

Yosh, sekian dulu pembahasan kegiatan teman-teman dari komunitas TASUKI Tulungagung. Semoga lain di lain kesempatan bisa membahas kegiatan komunitas teman-teman di daerah lainnya di Indonesia. Kalau ada event jangan lupa undang J-cul ya. Jika pintu kemana saja-nya nggak lagi digadaiin buat makan, J-cul akan datang berkunjung. Hohoho….

freelance0_nFreelance Cosplay Team (Kediri-Tulungagung) 1st winner @Japan Pop Culture Unesa 16/12/12

  1. Irfan
    5 tahun yang lalu

    wah mantaop

    Reply
    • Shu
      5 tahun yang lalu

      Kamu ikut bro?

      Reply
  2. jaket gue kulit dan sintetis
    4 tahun yang lalu

    Keren.. kreatif…

    Reply
  3. Aiba Mui
    3 tahun yang lalu

    permisi admin
    kalo pola dasar badan, kaki dan tangan untuk armor dari busa ati gimana ya?
    tolong share tutorialnya dong o(->> [email protected]

    terima kasih ^^

    Reply
    • Hideo Itami
      3 tahun yang lalu

      Nanti kita buatkan dulu artikelnya ya, makasi pertanyaannya gan

      Reply
  4. heru
    2 tahun yang lalu

    pengin gabung `gimana caranya

    Reply
  5. Anonymous
    11 bulan yang lalu

    siang saya mau tanya kalau bikin kostum ninja go berapa ya

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya