Wagashi, Si Manis yang Cantik

Kalian semua pasti tau kue Dorayaki, makanan kesukaan Doraemon?? Yap, kue ini merupakan salah satu jenis wagashi. Wagashi?? Apa itu??

Wagashi adalah kue tradisional Jepang dengan citarasa sangat manis. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah gula, tepung, dan kacang merah azuki. Rasa wagashi yang sangat manis, bukanlah tanpa alasan. Wagashi dibuat dengan citarasa yang sangat manis karena biasanya dihidangkan bersama matcha atau teh hijau Jepang yang citarasanya pahit, sehingga rasa pahit matcha tersebut dapat dinetralisir oleh manisnya wagashi.

Yang istimewa dari wagashi adalah, wagashi tidak hanya sekedar kue tradisional biasa, tapi ada jenis wagashi yang dibuat hanya pada musim tertentu dengan karakteristik  rasa dan tekstur serta bentuk yang mempresentasikan musimnya.  Misalnya pada musim semi, maka wagashi akan berwarna cerah dan berbentuk seperti bunga sakura, sedangkan pada musim panas, wagashi yang populer adalah wagashi yang berbentuk jelly karena akan memberikan rasa segar ketika dimakan.

Selain jenis wagashi yang mempresentasikan musim, ada juga jenis wagashi  yang khusus dibuat untuk merayakan hari raya atau hari besar.Wagashi jenis ini misalnya mochi yang dibuat untuk merayakan tahun baru. Ada pula wagashi yang dibuat dan dimakan sebagai snack sehari-hari. Dorayaki merupakan salah satu contoh wagashi yang dibuat untuk snack sehari-hari.

Sumber : www.kitchoan.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya