Unsur Indonesia Dalam Anime One Piece

One Piece, jika mendengar nama anime satu ini, pasti kalian tau bagaimana cerita dan tokoh-tokoh dalam anime ini.   Anime yang mengisahkan tentang perjalanan kelompok bajak laut mengarungi lautan ini sudah sangat terkenal dikalangan pecinta anime. Tapi, banyak unsur budaya Indonesia dalam anime ini yang mungkin belum banyak orang yang tahu.  Berikut unsur budaya Indonesia yang terdapat dalam anime One Piece :

1. Celana Batik Enel

Saat menonton anime One Piece episode di pulau langit, pasti kalian tidak memperhatikan bahwa celana yang di pakai enel mirip batik Indonesia.

ghujk,

2. Markas Duval = Rumah Nias

2wcfny8

opnias

3. ”Jaya” dan Irian Jaya

Tahukah kalian, bahwa pulau Jaya (Skypiea) mempunyai beberapa kesamaan dengan Irian Jaya?  kata “jaya” pada Irian Jaya bermakna kemenangan Irian yang berhasil melepaskan diri dari cengkraman Belanda. Sama seperti pulau Jaya yang pada saat-saat terakhir berhasil lepas dari cengkraman Enel dan menjadi tanah merdeka bagi rakyat shandia dan skypiea.  Begitu pula dengan Pulau jaya dengan bentuk tengkorak yang terpisah pun terinspirasi dari bentuk pulau irian jaya dimana bentuk pulaunya mirip seperti sebuah binatang/hewan yang terbelah karena perbedaan kenegaraan antara indonesia dengan papua new guinea.  Penduduk pulau asli pulau Jaya tidak bisa menikmati emasnya sendiri karena direbut oleh Enel dkk. Ini sama seperti Irian Jaya di mana penduduknya tidak bisa menikmati emasnya sendiri karena dieksploitasi oleh negara lain.

2

4. Saboudy = Mangrove

Archipelago Sabaody Archipelago atau SA disebut-sebut sebagai hutan Mangrove (bakau) terbesar di dunia One Piece. Tahukah kamu di mana populasi mangrove terbesar di dunia nyata? Tepat sekali, di Indonesia.

dfhr

sdg

5. Caimie

DI chapter 490, Caimie diperkenalkan sebagai mermaid berjenis Kissing Gourami. DI dunia nyata, spesies Kissing Gourami berasal dari wilayah perairan Thailand hingga Indonesia. Kissing Gourami mempunyai ciri khas yaitu berwarna pink dan bentuk mulutnya yg seperti ingin mencium.

searg

tumblr_lpoluq91Kq1r0j6jio1_500

6. Southbird

Burung Southbird yang muncul di skypiea dan Jaya arc ini rupanya mirip dengan Burung Rangkong (Enggang) yang merupakan spesies endemik di Indonesia.

bunga-burung 2

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya