Tsuntsun-Deredere

Apakah kamu termasuk seorang tsundere? Kalo iya, tipe tsundere yang manakah kamu?

Aisaka Taiga

Belakangan karakter tsundere menjadi salah satu tren populer di kalangan para Otaku. karakter seperti ini banyak dijumpai khususnya pada anime dengan heroine cewek moe dengan tokoh utama cowok yang rela dianiaya pasangannya. Tsundere (ツンデレ)  sendiri berasal dari kata tsuntsun (ツンツン) yang memiliki arti membuang muka atau jijik, dan deredere (デレデレ) yang berarti menjadi penuh kasih sayang tau jatuh cinta. Kata ini juga dipakai untuk menggambarkan seseorang yang “biasanya menunjukkan sikap dingin, namun di depan orang yang disukainya, sikap tersebut berubah menjadi penuh kasih sayang.” istilah ini mulai jadi tren setelah dipopulerkan oleh novel visual Kimi ga Nozomu Eien.

Haruhi Suzumiya

Dalam budaya populer khususnya pada anime dan manga, tsundere ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Natural Tsundere
    Sifat tsundere yang paling umum dan paling banyak dijumpai. Sifat tsuntsun pada mulanya muncul dari rasa nervous karakter yang bersangkutan, hal ini adalah reaksi spontan untuk lari dari perasaan nervous. Karena munculnya spontan bahkan dalam beberapa kasus karakter yang bersangkutan tidak menyadari perbuatannya sendiri. Tekanan yang dapat mengakibatkan kondisi mental nervous ada banyak macam, itu tergantung dari sensitivitas perasaan karakter. Tipe Tsundere yang satu ini sebetulnya relatif lebih mudah di tangani daripada tipe tsundere lainnya.
  • Narcism Tsundere
    Sifat tsundere berikut muncul sebagai akibat dari sifat narcisis dari karakter yang bersangkutan. Prilaku tsun-tsun dan dere-dere nya memang murni karena sifat self centered. Karakter yang paling sulit menerima koreksi dan opini.
  • Tsundere Ojou
    Sifat tsundere yang muncul sebagai akibat latar belakang kehidupan dari karakter bersangkutan yang menerapkan gaya hidup superior. Karakter ini akan melibatkan sifat gengsi dan jual mahal yang memicu prilaku tsun-tsun. Pada kasus ini karakter yang bersangkutan akan mengkondisikan dirinya sendiri untuk lebih sulit dijangkau… sekalipun sesungguhnya ia ingin didekati. Seringkali apa yang diutarakan atau diekspresikan berbeda dengan apa yang sebenarnya ada dalam peraasan karakter ini. Sekali seseorang menemukan titik mati bagi karakter ini, maka karakter ini tidak mempunyai alasan ataupun kekuatan lagi untuk menutupi perasaan yang sesungguhnya, dan dengan segera ia akan menunjukkan sifat dere-dere.
  • Deviant Tsundere
    Jenis Tsundere yang paling berbahaya dari semuanya. Karena pada fase tsun-tsun nya harus dilewati dengan keadaan extraordinary yang kemungkinan besar mengancam kehidupan karakter lain. Biasanya terjadi di kalangan villain atau pada karakter karakter yang lebih menyukai darah daripada perasaan.
  • Tsundere Pragmatic
    Klasifikasi Tsundere yang paling baru. Karakter yang cenderung bersikap pragmatis, menanggapi segala sesuatu dengan serius, terlalu berpaut pada peraturan, dan biasanya sebagai karakter Tsukomi yang memiliki selera humor yang rendah. Namun karena sikapnya yang selalu serius kemudian pada suatu waktu berubah menjadi lembut sama dengan aura moe tsundere lainnya, maka karakter ini secara official diklasifikasikan sebagai Tsundere.
  • Extrovert Tsundere
    Tsundere ini muncul pada karakter yang ceria, ramai, banyak tingkah, expresif atau dengan kata lain extrovert. Ini merupakan manifestasi tsundere yang paling kekanakan dari yang lainnya. Pada tipe tsundere ini karakter yang bersangkutan akan melakukan hal apapun untuk dapat mendekati karakter lainnya, biasanya tingkah laku yang mischievous atau mengganggu karakter lain … dan inilah fase tsutsun.
  • Introvert Tsundere
    Kebalikan dari Extrovert Tsundere … dan hanya berlaku pada karakter yang pendiam. Kecenderungannya untuk menyembunyikan perasaan sesungguhnya muncul karena sifat introvertnya sendiri. Atau singkat kata, pada dasarnya ini memang karakter yang tertutup. Reaksi tsun-tsun kemungkinan besar hanya terjadi secara verbal. – Tipe ini untuk selanjutnya disebut Dandere.

transformasi seorang tsundere

Saking populernya, karakter seperti ini juga diterapkan dalam sebuah maid cafe di daerah Akihabara sebagai sifat yang harus dimiliki maid-nya. Salah satunya adalah NAGOMI.

Maid di NAGOMI

Namanya juga tsundere, jadi jangan heran kalo nanti kalian dibentak atau dilempar daftar menu. Tapi sosok moe akan segera muncul ketika kita meninggalkan kafe tersebut. Ah, dilempar ama cewek se-moe itu, mana tahaaaaann. Gyaaaa nanka kawaisugi janee…

Tsundere Imouto Cafe

Nah, sudah tahu jawabannya? Siapa karakter tsundere favoritmu?

  1. Ravenitsu Kouzimaru
    2 tahun yang lalu

    nice info,,, thanks info….,
    Jcol MAJU TERUSS….,!!!

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya

© 2014 Budaya Jepang – Japan Pop Culture

Creative Commons License