Top Trend Di Jepang Tahun 2013

Berikut ini adalah hal yang menghebohkan di jepang selama tahun 2013:

1. Olimpiade

Olimpiade Musim Panas 2020, secara resmi dikenal dengan Games of the XXXII Olympiad, adalah ajang olahraga internasional akan datang yang dijadwalkan akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada tanggal 24 Juli-9 Agustus 2020. Negara pesaingnya yaitu  Istanbul (Turki) dan Madrid (Spanyol). Dan Tokyo diumumkan sebagai kota tuan rumah dalam sidang IOC ke-125 di Buenos Aires, Argentina, pada tanggal 7 September 2013. Tentu saya ini menjadi hal yang sangt menggembirakan bagi keseluruhan penduduk Jepang.

1.tokyo-olympics

 

2. Tayangan TV Drama kembali booming 

Setelah bertahun-tahun acara TV Drama mengalami penurunan rating, di tahun 2013 justru mengalami peningkatan, NHK menayangkan acara drama TV di pagi hari Amachan dan Hanzawa Naoki. Dapat dikatakan tahun 2013 adalah tahun dimana serial drama TV ‘Amachan’ dan ‘Naoki Hanzawa’ menjadi hit besar di Jepang.

CD_H1_B

 

3. Maskot

Semua orang tahu Jepang menyukai sesuatu yang lucu, untuk memperkanalkan daerah tertentu di Jepang dan menarik wisatawan maka disetiap daerah memiliki ciri khas Maskot tersendiri. Bahkan saat ini, Partai Komunis pun memiliki karakter yang lucu. Sepanjang tahun 2013 semua daerah di jepang memperkenalkan maskotnya. Prefektur yang tidak terkenal di Jepang, menjadi tenar setelah memiliki karakter maskot tertentu, artikelnya dapat dibaca disini. Maskot Jepang yang paling terkenal dapat dilihat disini.

3. japan-mascot-character

4. Ghibli 

The Wind Rises adalah film animasi Jepang produksi Studio Ghibli dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Film ini sangat fenomenal di jepang dan Film ini adalah film pertama yang disutradarai Miyazaki setelah absen membuat film selama lima tahun.

4.Ghibli strikes golds

 

5. Kopi

Ada apa dengan kopi??? yap, ternyata Jepang menjadi konsumen kopi terbesar dunia. Di sepanjang jalanan di Jepang akan sangat banyak ditemui kedai-kedai kopi dengan kualitas dan styles yang berbeda-beda.

5.Coffee

 

6. Foto Konyol di Twitter

Bakattaa adalah kata baru yang diciptakan untuk menggambarkan salah satu tren online terbesar tahun ini.  Ini berarti idiot ( baka ), dimana mereka menge-tweet gambar diri mereka dan melakukan hal-hal konyol . Dan J-CUL pernah membahas ini yang dapat dibaca selengkapnya disini.

6. Twitter Idiots

 

7. UNESCO

Gunung Fuji masuk kedalam Warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO, selain itu ada juga washoku (makanan Jepang) j yang juga terdaftar sebagai Intangible Cultural Heritage.

7.UNESCO

 

8. Naiknya Rasa Nasionalisme

Pemilihan parlemen Jepang, pada Minggu (21/7/2013), menempatkan Partai Demokrat Liberal sebagai pemenang. Kemenangan partai pemerintah ini membuka kemungkinan terjadinya perubahan besar-besaran di Jepang. Kemenangan ini akan menempatkan Perdana Menteri Shinzo Abe, seorang nasionalis vokal yang berjanji merevitalisasi perekonomian Jepang dan memperkuat militer, berkesempatan menjadi pemimpin Jepang paling transformatif dalam satu dekade terakhir. Abe adalah perdana menteri pertama Jepang yang mengunjungi pulau tak berpenghuni yang selama ini menjadi jantung sengketa Jepang dan China. Di depan kamera, dia mengangkat alis saat mengendarai tank dan kemudian naik ke sebuah jet tempur. Good job, Abe. Sebuah pelajaran dalam diplomasi bagi dunia.

8.Rise in Nationalism

shinzo_abe

 

Sumber:www.japantrends.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya