Tokyo Game Show 2012

Tokyo Game Show (TGS) 2012,diselenggarakan oleh  Computer Entertainment Supplier’s Association (CESA) dan Nikkei Business Publications, Inc. (Nikkei BP), akan menjadi saksi e-Sportsgames perdana di Asia “Cyber Games Asia (CGA)” sebagai proyek dari penyelenggara pada 20 – 23 September  di Makuhari Messe, Chiba, Jepang. CGA adalah kompetisi internasional di mana player dan tim terbaik di penjuru Asia berpartisipasi dalam venue TGS 2012.

Booth yang hadir pada event TGS tahun lalu akan kembali hadir pada TGS 2012, ditambah dengan kehadiran beberapa booth baru. Berikut ini adalah daftar booth yang sudah dikonfirmasi CESA sampai saat ini:

  • General Expo : Ini adalah area utama, dimana seluruh game ditampilkan
  • PC Game Corner: Booth baru yang akan khusus memamerkan game PC
  • Smartphone Game Corner / Social Game Corner: Booth baru khusus memamerkan smartphone seperti iPhone, Android, Windows Phone, serta tablet dan ponsel. Booth ini juga akan memerkan social game terbaru.
  • Game Device Croner: Memamerkan kontroler, kerboard, mouse, headphone, dan alat-alat sejenis.
  • Sales Corner: Di booth ini pengunjung dapat membeli produk-produk yang dipamerkan.
  • Game School Corner: Menghadirkan informasi mengenai sekolah dan kampus yang memiliki jurusan pengembangan game
  • Family Corner: Menghadirkan game dan produk lainnya yang ditujukkan untuk konsumen keluarga. Booth hanya akan dibuka di dua hari terakhir TGS

Berikut ini adalah daftar acara yang ada di event TGS 2012 khusus untuk para profesional:

    • Asia Game Business Summit: Konferensi yang berfokus pada pasar game wilayah Asia
    • TGS Forum 2012:Konferensi yang menampilkan teknologi dan tren game terbaru
    • Sense of Wonder Night 2012: Di acara ini, para peserta event TGS akan memaparkan ide unik tentang pengembangan game
    • Asia Networking Party: Acara networking party  ini akan diadakan pada malam hari tanggal 21 September 2012.

Selain booth-booth yang sudah diungkap diatas, CESA kabarnya juga akan menyediakan video channel resmi TGS untuk pertama kalinya pada tahun ini. CESA akan bekerja sama dengan4Gamer untuk mengisi konten video channel TGS 2012, dengan konten seperti tur ke booth-booth, dan banyak lagi lainnya.

Indonesia juga ikut dalam kompetensi ini.

Berdasarkan situs resmi TGS, terdapat dua studio game Indonesia yang diundang, yakni Altermyth dan Agate Studio. Keduanya akan menempati seksi Asia New Stars Area.

Di bagian itu, mereka akan menampilkan produk bersama studio pengembang game dari Vietnam, Glass Egg Digital Media, serta negara lain seperti Malaysia dengan Fun and Cool Ventures, Terato Tech, dan Sherman 3D. Tidak ketinggalan pengembang game dari Iran yakni Iran National Foundation of Computer Game.

TGS2012 adalah pameran game yang digelar setahun sekali di Jepang yang berlangsung sejak tahun 1996. Event ini menjadi kesempatan bagi pengembang game untuk memamerkan judul yang belum dirilis atau yang masih digarap.

Itulah sebabnya, TGS2012 menjadi salah satu acuan dalam industri game dunia karena menjadi referensi utama mengenai game yang akan beredar beberapa bulan kemudian. Pers dari Barat juga menganggap penting event ini seperti halnya Electronic Entertainment Expo (E3).

Peserta TGS2012 juga tidak main-main, meski didominasi pengembang dari Jepang, ada studio yang memiliki reputasi dan kaliber internasional semacam Square Enix, Level-5, Konami, Namco Bandai, Sony Computer Entertainment maupun Tecmo Koei.

Selain Jepang, ada pula negara Asia lain yang diundang semacam China, Hong Kong, dan Taiwan. Selain industri game, TGS juga menampilkan seksi tertentu untuk bidang pendidikan.

Free live streaming by Ustream

Sumber: kompas.com, kotaku.jp, kotaku.com, TGS Official Site

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya