Tips Menghadapi Musim Panas di Jepang

Jepang memasuki musim panas yang berlangsung  selama bulan Juli hingga September. Sebenarnya hawa panas mulai masuk ke Jepang pada pertengahan bulan Juli. Oleh karena itu, dalam bulan-bulan ini, orang Jepang akan merasakan panas yang membakar.

Berikut ini, beberapa tips untuk menghadapi musim panas di Jepang:

1. Cara Memanfaatkan Es yang Benar

ice_summer

 

Rasakan sensasi yang menyegarkan ketika Anda menaruh botol plastik air es yang berisi 3/4 air dari dalam lemari es lalu menempelkannya ke dahi ataupun leher. Kebanyakan orang akan berpikir, minum air es secara langsung akan lebih menghilangkan rasa panas. Tapi hal ini ternyata salah dan dapat menyebabkan sakit di saluran pencernaan jika meminumnya terlalu banyak karena perubuhan suhu tubuh yang terlalu mendadak, dimana suhu diluar mencapai diatas 30derajat, dan tiba-tiba Anda minim air es dengan suhu dingin.

2. Memanfaatkan udara yang ramah lingkungan

Menggunakan AC mungkin merupakan ide yang sangat bagus pada saat musim panas. Tapi apa Anda yakin akan menghidupkannya selama 24jam?? pernahkah Anda berpikir akan keselamatan lingkungan dari efek rumah kaca dan berpikir pemborasan biaya listrik??

Satu hal yang dapat dilakukan agar udara dirumah Anda sesejuk AC dan tidak perlu dengan pemborosan biaya listrik adalah dengan memanfaatkan kipas angin dan juga air es di dalam botol.

cool-fan-ice

Isi botol dengan air lalu dingikan di frezeer. Setelah dingin, taruh botol air es tepat di depan kipas angin. Percaya atau tidak, cara ini akan dapat menimbulkan sensasi dingin dan nyaman pada udara dilingkungan Anda dan juga tidak perlu memikirkan tagihan listrik yang melambung.

3. Handuk / Sapu tangan basah

Walaupun hal ini hanya sering dijumapai di restaurant-rentaurant Jepang, tidak ada salahnya Anda mencoba merancangnya dirumah. Gunakan handuk/saputangan yang bersih, lalu basahi dengan air, sedikit diperas dan taruhlah di lemari es. Ketika Anda merasa sangat panas, ambilah dan tempelkan pada dahi atau wajah Anda. Ini akan sangat membantu Anda pada saat musim panas.

wet towels

 

4. Meniru Cara Klasik Para Biksu di Kuil Jepang

Tips yang keempat ini dikenal dengan nama Uchimizu. Pernahkan Anda melihat staff kuil (biarawan) menyiram halaman mereka saat musim panas dengan menggunakan yukata? Yap, hal ini disebut dengan Uchimizu,  dilakukan bertujuan untuk menciptakan udara dan lingkungan yang sejuk. Debu-debu akan tertanam dan tidak bisa diterbangkan angin. Walaupun hal ini banyak dilakukan di lingkungan kuil di Jepang, tidak ada salahnya Anda mencobanya di lingkungan rumah Anda.

cool-uchimizu

 5. Manfaatkan Gratisan Pocket Tissue

Pada saat musim panas, banyak terdapat pocket tissue atau tisu kantong yang dibagikan secara gratis di Jepang. Namun, mereka akan tetap menyilipkan iklan di pocket tissue tersebut. Tapi, bukan ide buruk untuk mengambil salah satunya, dan Anda dapat menggunakannya saat berada di kereta ataupun menyebrang di lampu merah sambil menunggu di bawah terik sinar matahari.

cool-uchiwa

 

6. Keluar dari rumah

Kenapa Anda tidak berpikir untuk keluar dari rumah dan mematikan AC rumah Anda sehingga dapat menghemat biaya listrik Anda? Manfaatkan waktu Anda untuk berada di perpustakaan, mall-mall, ataupun tempat-tempat dengan full AC. Sebuah ide bagus bukan? Dan bahkan banyak mall di Jepang yang mengadakan diskon besar-besaran saat musim panas. 😀

cool-coolshare-library

 

7. Pakaian santai di rumah

Apakah kalian berpikir untuk bertelanjang dada ketika berada di rumah? Itu merupakan ide yang buruk, saat nyamuk menggerogoti tubuh Anda. Atau Anda berpikir menggunakan T-shirt yang tidak menyerap keringat? Jika Anda hanya berada di dalam rumah dan yakin tidak ada tamu yang berkunjung ke rumah Anda, kenapa Anda tidak terpikir unutk memakai Jinbei? Jaket musim panas ini sangat sejuk digunakan, dengan bawahan berupa celana pendek yang santai.

jinbei

 

8. Lonceng Musim Panas

Suara-suara yang dihasilkan lonceng-lonceng kecil ini akan mampu membawa aura kesejukan saat musim panas. Gantungkanlah beberapa lonceng dekat dengan jendela atau pintu rumah Anda. Angin yang sepoi-sepoi akan membuat lonceng ini bersuara merdu.

cool-fuurin

 

 

 

Sumber: en.rocketnews24.com

 

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya