Tidak Akan Ada Promosi Jabatan Jika Anda Menolak Ajakan Minum Bos


nomikai

Di Jepang, sebagian besar suami menyerahkan seluruh gaji mereka kepada istrinya sebagai pengendali keuangan kepala keluarga. Suami kemudian mendapatkan sebagian kecil dari gaji mereka sebagai sekedar uang jajan seperti biaya pulsa ponsel, uang makan siang dikantor ataupun nomikai (pesta minum bersama rekan kerja).

Survei yang dilakukan oleh Shinsei Bank, para pekerja kantoran rata-rata menerima uang saku dari istri mereka sebesar 39400 yen atau sekitar Rp 4 juta perbulannya. Namun jika dihitung para pekerja kantoran dapat menghabiskan 2860 Yen (Rp 286 ribu) dalam sekali pesta minum bersama orang kantor. Belum lagi ditambah uang makan siang sebesar 510 Yen (Rp 50 ribu) setiap harinya. Banyak pekerja yang akhirnya tidak mengiyakan ajakan bos mereka untuk minum bersama, akan tetapi hal yang dapat menghemat uang saku mereka ini ternyata dapat mengancam karir mereka.

Di bawah ada beberapa komentar dari mereka para pekerja kantoran yang berumur 30 an tentang situasi keuangan mereka yang ketat:

“Minum bersama rekan kerja itu hanya membuang-buang uang jadi meskipun saya diundang saya tidak pergi. Jika anda terus menerus menolak ajakan mereka anda tidak akan diundang lagi, itu tidak masalah.”

“Tidak ada yang berbeda meskipun saya mendapatkan promosi, uang saku saya akan tetap sama.”

Beberapa orang pekerja bahkan hanya mendapatkan sekitar 1000 yen perbulan untuk uang saku mereka , hal ini pastinya sangat boros jika menurut dengan ajakan minum rekan kerja. Akan tetapi seorang konsultan manajemen kantor,  Shinsuke Suzuki mengatakan bagaimanapun harus ada yang namanya nomi-nication (slang yang dapat diartikan bahwa orang jepang masih dapat berkomunikasi secara normal meskipun sedang mabuk). Dia mengatakan , ” pekerja kantor yang menolak ajakan dari bosnya untuk minum bersama tidak dapat dipromosikan.”

“Sejauh ini, sebagai konsultan, saya telah terlibat dengan lebih dari 100 perusahaan, dan saya menemukan bahwa kita berada di era di mana beberapa karyawan tidak menyadari pentingnya nomi-nikasi. Saya rasa ini pada dasarnya adalah mengapa pekerja kantor yang proaktif menghadiri pesta minum akhirnya mendapatkan promosi lebih mudah. ​​”

Menurut konsultan tersebut cara paling mudah untuk menunjukkan komitmen dan hubungan yang baik antar pegawai dan bosnya di Jepang adalah dengan minum bersama.

nomikai3

Sumber: japantoday.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya