Teriakan Cinta Ala Para Suami di Jepang

Tradisi sopan santun dan kebiasaan memilih bersikap diam daripada terus terang, membuat kebanyakan orang Jepang sulit mengungkapkan perasaan terdalam mereka seperti cinta. Hal inilah yang membuat puluhan pria Jepang berkumpul sekali dalam setahun menjelang tanggal 31 Januari di Tokyo, sebuah hari yang jika diartikan dalam bahasa Jepang bisa berarti “Istri Tercinta”, untuk membiarkan perasaan mereka tersampaikan. Dikenal dengan nama Hari Kasih Sayang Istri atau Aisai.

Deklarasi cinta yang diucapkan para suami ini bervariasi, mulai dari kata-kata sederhana seperti “Aku akan mencintaimu selamanya” sampai ungkapan terima kasih atas bekal makan siang dari rumah.

“Maaf aku telah bertambah gemuk dalam tujuh tahun terakhir. Tapi itu karena makanan masakanmu begitu lezat,” teriak seorang pria bersetelan jas.

teriakan cinta_2
Para istri yang menonton suami mereka tertawa dan bertepuk tangan ketika ada seorang pria berlutut untuk memberikan bunga kepada istrinya.

“Dia luar biasa romantis hari ini. Ini mengingatkan saya betapa macho-nya dia dulu. Saya sampai hampir lupa kami telah menikah selama delapan tahun. Hati saya berdebar-debar,” kata Yuko Todo, 33 tahun, setelah menerima bunga dari suaminya, Takeshi.

Acara untuk mendesak pria Jepang menunjukkan perasaan cinta secara eksplisit yang dicetuskan oleh Kiyotaka Yamana dengan dukungan dari sebuah toko bunga setempat itu kini memasuki tahun kelima.

teriakan cinta_3

“Ekonomi Jepang makin membaik dan saya lihat banyak pasangan suami istri Jepang berusaha memperdalam hubungan mereka,” kata Yamana.

Ritual ini dimaksudkan supaya laki-laki Jepang lebih berani dan terbuka menunjukkan rasa cinta mereka kepada istri. Ada anggapan lama di Jepang yang menyebut kalau laki-laki tak pantas menyatakan cinta secara terbuka. Karena itulah hampir 80 persen suami yang ikut serta mengaku kalau ini adalah kali pertama mereka mengungkapkan cintanya dengan sungguh-sungguh.

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya