Tembok Pencegah Tsunami Dibangun Pertama Kali di Jepang

steps

Tembok untuk mencegah tsunami sukses diuji coba didaerah Wakayama. Akhir tahun lalu diberitakan bahwa telah dikembangkan sebuah pemecah gelombang yang dapat mencegah gelombang tsunami menghantam daerah pesisir pantai dengan kekuatan penuhnya. Tidak seperti tembok pemecah gelombang lain yang pada umumnya akan menganggu transportasi laut dan merusak keindahan laut, tembok pemecah gelombang ini akan tetap berada dibawah laut hingga saatnya diperlukan nanti.

Jika ada tanda peringatan tsunami berbunyi, tembok ini akan segara naik dari dasar laut dalam hitungan menit dan akan mencegah atau memecah gelombang tsunami yang datang. Minggu lalu,bagian pertama dari tembok berukuran tinggi sembilan meter ini telah selesai dibangun dan sukses pada saat pengetesan. Silakan lihat video dibawah ini untuk melihat kinerja dari tembok ini.

Terlihat dalam video, sebuah mesin yang sangat canggih mengangkat pilar-pilar baja naik dari kedalaman 13 meter dibawah laut, hingga menjulang setinggi 7 meter diatas permukaan laut. Namun, yang dibutuhkan untuk mengangkat pilar-pilar tersebut ternyata hanya menggunakan kekuatan udara.

Udara dipompa dari daratan ketika tanda bahaya tsunami berbunyi yang akan menciptakan kantong-kantong udara didalam pilar-pilar tersebut yang mengakibatkan
pilar tersebut terangkat keatas. Ketika keadaan bahaya telah lewat, udara tadi akan menghilang dan pilar-pilar tersebut akan kembali tenggelam kedasar laut.

Ini adalah sebuah solusi cerdas, namun bagian ini baru dimulai dibangun 9 meter saja dari rencana 230 meter yang akan dibangun disepanjang provinsi Wakayama. Keseluruhan pemecah gelombang ini direncanakan akan selesai dibangun tahun 2020 yg menghabiskan dana 730 juta yen.

 

Sumber: Japan Today

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya