Takoyaki, Bola-Bola Gurita yang Nikmat

Semua wilayah di Jepang punya kekhasan dan produk andalan masing-masing. Jika kita bicara tentang Osaka, maka produk kuliner yang sangat terkenal dari wilayah ini adalah takoyaki. Apa itu takoyaki?? Takoyaki adalah makanan berbentuk bola-bola yang terbuat dari campuran tepung dan di dalamnya terdapat potongan gurita. Secara harfiah, “tako” berarti gurita sedangkan “yaki” berarti bakar, sehingga takoyaki berarti potongan daging gurita yang dibungkus dengan bola-bola adonan tepung kemudian dimasak dengan cara dipanggang.

Makanan ini pertama kali dibuat sekitar tahun 1935 oleh seorang pedagang kaki lima di Jepang bernama Endo Tomekichi. Ia memodifikasi makanan Jepang kuno bernama choboyaki dengan menambahkan potongan daging gurita di dalam bola-bola adonan tepungnya.  Takoyaki dipanggang di atas sebuah wajan yang memiliki tekstur untuk menahan bola-bola adonan tidak berpindah tempat ketika sedang dimasak. Untuk meratakan pembakaran, digunakan sejenis sumpit untuk membolak-balik bola-bola hingga matang secara merata.

Takoyaki disantap bersama dengan saus mayonnaise atau saus khusus untuk takoyaki, dan di atasnya ditaburi katsuobushi. Kita bisa memakan takoyaki dengan cara menusuknya dengan sebuah bambu kecil. Penjual takoyaki bisa banyak kita temui di festival-festival, pasar, bahkan kini juga telah dijual di supermarket dan dapat kita makan setelah dihangatkan terlebih dahulu dengan microwave.

Saking terkenalnya takoyaki, di Universal City Osaka terdapat sebuah museum Takoyaki. Museum ini punya maskot diberi nama takoyakichan dan takoyakikun. Buat yang pengen nyoba takoyaki, ga usa jauh-jauh ke Jepang, karena di Indonesia uda banyak banget penjual takoyaki. Di jalanan kota Yogyakarta, ada banyak penjual takoyaki kaki lima. Sekali nyoba, dijamin bikin ketagihan.

video pembuatannya:


Sumber:
http://www.iheartjapan.ca
http://www.japancentre.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya