Suasana Matsuri (Festival) Khas Jepang Di Indonesia

Sebelum kita melihat Festival Jepang yang sering disebut Matsuri di Indonesia, ada baiknya kita mengenal arti kata matsuri itu.

Matsuri (祭?) adalah istilah agama Shinto yang berarti persembahan ritual untuk Kami. Dalam pengertian sekuler, matsuri berarti festival atau perayaan di Jepang. Di daerah Kyushu, matsuri yang dilangsungkan pada musim gugur disebut kunchi.

Berbagai matsuri diselenggarakan sepanjang tahun di berbagai tempat di Jepang. Sebagian besar penyelenggara matsuri adalah kuil Shinto atau kuil Buddha. Walaupun demikian, ada pula berbagai “matsuri” (festival) yang bersifat sekuler dan tidak berkaitan dengan institusi keagamaan.

Sebagian besar matsuri diselenggarakan dengan maksud untuk mendoakan keberhasilan tangkapan ikan dan keberhasilan panen (berasgandumkacangjawawutjagung), kesuksesan dalam bisnis, kesembuhan dan kekebalan terhadap penyakit, keselamatan dari bencana, dan sebagai ucapan terima kasih setelah berhasil dalam menyelesaikan suatu tugas berat. Matsuri juga diadakan untuk merayakan tradisi yang berkaitan dengan pergantian musim atau mendoakan arwah tokoh terkenal. Makna upacara yang dilakukan dan waktu pelaksanaan matsuri beraneka ragam seusai dengan tujuan penyelenggaraan matsuri. Matsuri yang mempunyai tujuan dan maksud yang sama dapat mempunyai makna ritual yang berbeda tergantung pada daerahnya.

Pada penyelenggaraan matsuri hampir selalu bisa ditemui prosesi atau arak-arakan mikoshidashi (danjiri) dan yatai yang semuanya merupakan nama-nama kendaraan berisi Kami atau objek pemujaan. Pada matsuri juga bisa dijumpai chigo (anak kecil dalam prosesi), miko (gadis pelaksana ritual), tekomai (laki-laki berpakaian wanita), hayashi (musik khas matsuri), penari, peserta dan penonton yang berdandan dan berpakaian bagus, dan pasar malam beraneka makanan dan permainan.

 

1

Eits..siapa bilang di Indonesia tidak ada Matsuri? Tidak lama lagi di area Little Tokyo Blok M pada tanggal 24-25 Mei 2014. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kini Ennichisai mengangkat tema “It’s Time To Jump!”.

Acara yang diorganisir oleh Blok M Estate Management dan Ennichisai Blok M Team ini, dapat menarik 200.000 pengunjung setiap tahunnya dan telah masuk ke dalam agenda pariwisata Jakarta.

Serunya kebudayaan Jepang dapat dirasakan pada saat memasuki area Little Tokyo  Blok M. Pengunjung akan disambut dengan banyaknya lampion Jepang atau Chochin. Tak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan 150 booth makanan serta produk-produk Jepang yang unik. Pertunjukan seni tradisional seperti omikoshi, taiko dan tarian Jepang lainnya pun selalu menjadi suguhan menarik yang menghidupkan suasana. Benar-benar seperti berada di perayaan Masuri Jepang.

 

2

 

Selain kesenian tradisional, pengunjung akan dihibur dengan serunya rangkaian acara Pop Culture Jepang. Para penggemar cosplay dapat menikmati babak penyisihan cosplay competition bertaraf nasional, CLAS:H. Serta pemilihan wakil Indonesia untuk World Cosplay Summit di acara Indonesia Cosplay Grand Prix.

Bagi para penggemar musik Jepang, jangan lewatkan penampilan musik yang sangat spesial. Tahun ini akan ada Amour MiCo, gadis berdarah Indonesia yang lahir dan besar di Jepang. MiCo memulai debutnya di bawah label Pony Canyon pada tanggal 23 April 2014 dengan mini album “MiCopedia”. Selain karakter suara dan wajahnya  yang unik, MiCo juga memiliki kemampuan menari, bermain piano dan DJ. Industri fashion pun mulai melirik keunikan talenta yang dimilikinya. Amour MiCo memiliki potensi yang besar, tidak hanya di Jepang tapi di seluruh dunia.

 

3

 

Nikmati juga hiburan seru dari grup musik SAGA yang beraliran elektro pop. Grup yang beranggotakan Ramy (Korea) dan Kevin (China) sebagai vokalis ini, diproduseri oleh Rio yang berasal dari Jepang. Melintasi batas negara, bahasa dan budaya, mereka bergabung untuk menyampaikan pesan melalui musik. Sebelumnya SAGA telah merilis lagu-lagu animasi populer untuk Initial D dan Viewtiful Joe di Jepang dan Amerika Serikat. Tahun ini adalah debut dunia official SAGA. Mereka telah terlahir kembali sebagai unit Neo Asia, yang akan menyatukan dunia.

Tak hanya itu, Ennichisai juga akan diramaikan dengan pertunjukan dari REDSHiFT dan VOCAPOST yang lagunya telah terpilih sebagai lagu tema CLAS:H. Kali ini akan menjadi tahun kedua diadakannya Anisong Karaoke Contest dengan hadiah tiket liburan ke Jepang.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Ennichisai kali ini akan mengadakan Lomba Lari Estafet bekerja sama dengan Mainichi Shimbun dan KOMPAS. Lomba ini menunjukkan hubungan yang baik antara Indonesia dan Jepang secara simbolis, serta diharapkan dapat mempererat persahabatan para peserta. Ennichisai pun akan ditutup dengan keseruan pertunjukan hanabi atau kembang api.

Untuk rincian acara kalian bisa mengunjungi http://www.ennichisaiblokm.com/

sumber : wikipedia , kaorinusantara

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya