Star Sand , Butiran Pasir Berbentuk Bintang

Bintang tidak hanya ada dilangit, di pasir pantai pun ada . Riomote Island adalah sebuah pulau kecil di Okinawa, Jepang di mana pengunjung pantai biasanya terlihat berjongkok di daerah berpasir, lebih memilih memeriksa pasir daripada berenang di perairan. Hal ini karena sebagian besar pantai di Pulau Iriomote-serta beberapa pulau-pulau tetangga di selatan Jepang-mengandung “hoshizuna” atau pasir berbentuk bintang.

star-sand-beach-okinawa-japan-woe9-690x517

star-sand-beach-okinawa-japan-woe10-690x468

SONY DSC

Chris-Willson-67okitake17

 

5

6

 

Kurang kelihatan? Ini foto gambar yang telah diperbesar..

star-sand-beach-okinawa-japan-woe1-1050x700

star-sand-beach-okinawa-japan-woe2-690x460

star-sand-beach-okinawa-japan-woe4-690x468

Chris-Willson-67okitake23

Starsand_from_Japan

star-sand-beach-okinawa-japan-woe3-690x447

 

Legenda setempat menyatakan bahwa bintang pasir terbuat dari kerangka kecil keturunan dari Southern Cross dan Bintang Utara, yang dibunuh oleh ular raksasa tepat setelah dilahirkan di laut. Namun menurut ilmu pengetahuan, partikel-partikel yang indah adalah exoskeletons jutaan protozoa-yang-foraminifera laut diyakini bukti fosil dating kembali 550 juta tahun yang lalu, salah satu fosil tertua yang dikenal manusia. Dan bila kita dapat kembali ke 550juta tahun lalu, kita akan melihat bukan hanya pasir berbentuk bintang, namun beberapa butiran pasir akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Ernst_Haeckel_-_Thalamphora

Waktu terbaik untuk menemukan pasir ini sesaat setelah topan terjadi, ketika bintang pasir diaduk sampai di bawah dasar laut dan terdampar di pantai dalam jumlah yang sangat besar. Jika Anda melihat cukup dekat, bahkan Anda mungkin menemukan beberapa yang masih hidup!

Kini butiran bintang-bintang kecil ini bisa dijadikan oleh-oleh ketika kita mengunjungi Okinawa.

2

1

3

Masih blum percaya? saksikan video berikut..

sumber : youtube , google image , http://whenonearth.net/star-sand-beach-japan/ , http://scribol.com/science/star-sands-okinawas-incredibly-shaped-living-fossils

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya