Sport Anime

Berikut adalah beberapa anime yang sukses dalam membawakan tema cerita olahraga:

1.  Kuroko no Basuke

adalah sebuah manga Jepang mengenai bola basket yang diilustrasikan oleh Tadatoshi Fujumaki. Manga ini mulai diluncurkan pada Desember 2008 dan menceritakan tentang sebuah sekolah yang memiliki pemain generasi keajaiban dan memiliki mimpi untuk bermain ditingkat nasional. Manga Kuroko No Basuke kemudian diadaptasikan menjadi anime oleh Pruduction I.G pada April 2012.

kuroko_no_basuke_by_annciel-d4z39jq

2. Captain Tsubasa

Tsubasa adalah seorang anak SD yang baru saja pindah dari kota lain ke Nankatsu. Dia ingin bermain sepak bola dan menjadi pemain terbaik. Ketika masuk ke sekolah barunya, dia langsung masuk ke klub sepak bola di sekolah itu. Kapten klub itu adalah Ishizaki. Mereka lalu berlatih di lapangan, tetapi diganggu oleh klub lain yang dipimpin oleh Genzo Wakabayashi. Mereka lalu bertanding, bila Nankatsu bisa membuat gol satu saja, maka mereka diizinkan memakai lapangan untuk berlatih. Awalnya, Nankatsu selalu kebobolan dan bermain setengah lapangan. Ketika salah satu pemainnya cedera, Tsubasa didaulat menjadi bek.

Dia menjalankan tugasnya dengan baik. Ketika pertandingan hampir selesai, tanpa diduga Tsubasa berhasil mendapatkan bola dan menceploskannya ke dalam gawang. Sesuai perjanjian, Wakabayashi tidak akan mengganggu mereka lagi. Maka dimulailah petualangan Tsubasa menjadi yang terbaik di dunia.

captaintsubasa

3. Prince of Tennis

ialah manga dan anime karya Takeshi Konomi. Manga ini diterbitkan oleh Shueisha di majalah mingguan Shonen Jump pada tahun 1999. The prince of tennis bercerita mengenai perjalanan Ryoma Echizen dan kawan-kawan di klub tenis Seishun Gakuen (Seigaku)untuk menjadi juara nasional.

Serial animenya pertama kali ditayangkan pada tahun 2001 dan dilanjutkan dengan sebuah serial yang berjudul The New Prince of Tennis pada tahun 2012.

Prince_of_Tennis

4. Eyeshield 21

Anime yang diproduksi oleh Gallop ini mulai ditayangkan di TV tokyo pada 6 april 2005. Seperti halnya dengan kebanyakan anime lainnya, Eyeshield 21 juga diangkat dari sebuah manga dengan judul yang sama hasil karya penulis Riichiro Inagaki dan diilustrasikan oleh Yusuke Murata. Jenis olahraga yang diangkat dalam cerita ini bisa dibilang cukup tidak umum, yaitu America Football. Tetapi ternyata faktor itulah yang membuat carita ini semakin unik dan sangat menarik untuk diikuti.

eyeshield21

5. Slam Dunk

Sebuah manga sepanjang 31 jilid yang dikarang oleh Takehiko Inoue tentang sebuah tim bola basket dari  SMA Shōhoku. Manga ini sangat populer di Jepang – banyak remaja di sana mulai bermain basket setelah membaca komik ini.

Slam Dunk muncul pertama kalinya dalam majalah manga Weekly Shonen Jump. Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shuisha dari tahun 1990 hinga1996 , sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti, meskipun kemungkinan besar tanpa lisensi resmi. Anime berdurasi 101 episode kemudian diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation dan diikuti oleh 4 film animasi layar lebar. Bisa dibilang Slum Dunk adalah anime bertemakan bola basket yang paling terkenal di seluruh dunia.

slam dunk anime

 

Sumber: Wikipedia, Majalah

  1. Irfan
    5 tahun yang lalu

    w tertarik dgn basket

    Reply
  2. Ravenitsu Kouzimaru
    5 tahun yang lalu

    ke ingat jaman dulu waktu masi kecil, kagak pernah ketinggalan Captain Tsubasa, ngikut terus,,,.
    heheheheehehe.

    Reply
  3. Irfan
    5 tahun yang lalu

    siap2 nonton ulang kuroku no basuket

    Reply
  4. Alice
    5 tahun yang lalu

    I just want to say I

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya