Situs Belajar Online Gratis oleh LSM Sendai dan Tokyo

Asuiku perusahaan asal Sendai (http://asuiku.org) dan Surara Net asal Tokyo (http://surala.jp) Maret lalu bekerjasama membuat program materi belajar online untuk mendukung pendidikan kepada anak-anak di Jepang Timur, wilayah yang paling parah terkena dampak gempa besar Jepang. Materi pembelajaran terdiri dari latihan kepemimpinan, Bahasa Inggris dasar, Matematika, dan Bahasa Nasional, dari SD tingkat akhir hingga SMA. Sekitar 23.000 orang dari sekolah di seluruh daerah memanfaatkan program ini.

catch2

Agar mudah memahami setiap materi pelajaran,  program ini menggunakan karakter guru animasi. Kemudian Surara menyesuaikan tingkat kesulitan pertanyaan untuk mengukur kelemahan siswa. Ada juga fitur belajar yang lebih mudah dengan game, dan para penggunanya bersaing untuk mendapatkan peringkat tertinggi. Oonuma Eriko, perwakilan dari Rosybell yang merupakan yayasan rehabilitasi anak laki-laki menyatakan telah menyetujui program ini.

logo_color

Disisi lain, Hanabusa Taketane, mahasiswa tingkat 3 di Todai (Tokyo Daigaku) membuat sebuah situs bernama “Manavee” ( http://manavee.com/ ) tahun 2010 lalu. Situs gratis ini  dapat diakses oleh siswa yang ingin mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.  Usernya 10.000 orang setiap bulannya. Situs ini menampilkan  sekitar 4000 video belajar mengajar di kelas dengan durasi sekitar 15 menit. Guru yang mempresentasikan video ini terdiri dari mahasiswa dari 25 perguruan tinggi dari seluruh negeri, dosen dan juga guru kursus. Kemudian ada juga volunter (sukarelawan) di belakang layar 200 orang. Di dalam situs ini, user dapat membuat tes kecil sendiri untuk mengukur kemampuan, bahkan juga bisa membantu user lainnya. Sejak tahun lalu, user yang telah lulus ujian masuk perguruan tinggi telah menjadi guru. Hal ini menjadi timbal balik yang baik bagi situs ini.

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya