“Shironuri” Make Up Putih Tebal Ala Jepang

Shironuri (白塗り) secara harfiah berarti ‘dicat dalam warna putih’. Ini mengacu pada tradisional make-up yang digunakan oleh para geisha dan aktor kabuki. Shironuri biasa disebut juga dengan ‘shiro mamba’ (white mamba) karena menggunakan make-up yang berat seperti Yamamba tapi dengan warna yang sebaliknya.

 

Japanese-Shironuri-Fashion-Harajuku-061-600x400

 

Shironuri merupakan Sub-culture antara French dan Japanese. Ada bagian-bagian menarik pada Shironuri selain muka yang keseluruhannya adalah putih bersih. Shironuri juga kreatif dalam menghias atau melukis di sekitar bagian mata yang akan menjadi nyawa fashion di shironuri ini. Terkadang eyelash juga menjadi jurus jitu dalam shironuri.

Komunitas shironuri tidak sama dengan komunitas muda-mudi di Harajuku. Mereka memiliki pertemuan & pesta tersendiri, itu mengapa mereka jarang muncul dalam situs-situs foto seperti ‘Tokyo Fashion’. Pengecualian pada Uri yang sering menghadiri event-event seperti Pop n Cute dan Minori yang sering ditemui di jalan umum Harajuku.

 Sementara komunitas Harajuku yang lain berlokasi di area Tokyo Harajuku – Shinjuku, komunitas shironuri sangat kuat di area Kansai (Osaka – Kobe –Kyoto – Nara). Namun ada juga big gathering shironuri di area Tokyo.
 
Inspirasi
Fashion shironuri terinspirasi dari banyak sumber. Sehingga tidak ada aturan khusus kecuali menggunakan make-up putih yang berat. Apapun outfit yang digunakan, jika menggunakan make-up shironuri dapat di katakan sebagai ‘Shironuri’. Jika kebanyakan fashion style di Jepang terinspirasi dari fashion area barat (western clothing) shironuri menggunakan elemen tradisional Jepang. Kimono, hakama dan geta kadang menjadi bagian dari outfit shironuri. Namun, gaya tradisional di era Showa sangat berpengaruh pada fashion shironuri. Gakuran, seragam pelaut (sailor fuku), seragam militer dan bendera perang Jepang. Fashion eropa seperti gothic, bisa menjadi elemen dalam fashion shironuri. “Antique doll” (boneka antik) sangat populer pada shironuri. Begitu juga denga aristocrat-shironuri.
Dan elemen penting dalam shironuri adalah make-up mereka!
Make-up ini tidak sesulit yang kalian bayangkan. Kita hanya membutuhkan :
** Foundation, putih (Stage Foundation, padat)
** Compact powder, putih (bedak padat)
Gunakan dan buat sampai menjadi (seperti) topeng di area wajah dan leher. Saat ingin menggunakan foundation, basahi spon dengan air terlebih dahulu lalu aplikasikan ke area wajah dan leher. Usahakan warna kulit wajah tertutup dengan warna putih (termasuk bibir) dan jangan mengulang-ngulang memoleskan foundation di area yang sama. Jangan gunakan foundation yang memiliki kesan berkilau.
** Eyeshadow (warna disesuaikan)
** Eyeliner hitam
** Fakelashes yang unik
Warna-warna eyeshadow dapat disesuaikan dengan outfit kalian. Gunakan alat-alat make-up di atas sesuai kreatifitas dan wajah seperti apa yang ingin kalian ciptakan. Karena make-up shironuri memiliki efek merubah wajah yang sangat kuat. Usahakan menggunakan eyeliner hitam tersebut dengan sangat rapi. Juga pilihlah bulu mata palsu yang memiliki desain yang unik.
** Lipstick
Kebanyakan make-up shironuri menggunakan warna lipstik yang tidak natural seperti : hijau – abu abu – hitam – merah darah dan biru.
Selain itu, kontak lens sepertinya menjadi must-have-used atau item yang harus digunakan oleh shironuri.
And see? Make-up ini tidak sesulit/seberat yang dikira dan tidak banyak menggunakan alat make-up. Simple but give adorable impact!
Model dan icon yang terkenal dengan fashion Shironuri:
1. MINORI
Minori paling sering dijumpai di jalan umum Harajuku. Yes! Ia berkeliaran di area Harajuku dengan gaya shironurinya. Minori merupakan model shironuri yang paling terkenal di Jepang dengan konsep ‘Fairy-Garden’ atau ‘Fairy Of Nature’ (Peri Alam) yang melekat dalam imej shironurinya. Seluruh desain outfit yang ia gunakan adalah hasil dari kreatifitasnya sendiri begitupun dengan konsep make-up nya.
Kalian dapat melihat gaya Minori lebih lengkap di account facebooknya
Minori
Minori_2
Minori-ShiroNuri_2
Video tutorial Minori dalam make up Shironuri:


2. Uri

Uri adalah model cowok milik Harajuku dan Shironuri. Ia menggabungkan konsep Harajuku fashion dengan shironuri. Uri sangat terkenal dengan konsep Decora-shironurinya. Ia sering hadir dalam event-event kawaii fashion di Jepang.

uri

3. Bazookistan

Terkenal dengan konsep shironuri cyber-future dengan menambah elemen tradisional dalam fashionnya. Ia sering menggunakan wig pendek dan make-up nya seperti seorang geisha.

bazookistan

4. Tsunoshi

Yang menjadi ciri khas Tsunoshi adalah konsep ‘obachan’ (nenek-nenek) dan old-fashionnya. Ia sering menggunakan aksesoris buatan tangan. Tsunoshi memanggil dirinya sendiri dengan “Penyihir Gendut” yang tidak bisa melakukan trik sulap namun kerajinan tangan dan pintar menggambar. Ia sangat dikenal di kalangan shironuri dan sering menjadi organizer ‘shironuri gathering’. Account faceboknya disini

nenek

5. N96 

Shironuri yang satu ini terkenal dengan konsep ‘monster’ nya. Walaupun ia adalah seorang cewek. Semua make-up dan detailnya adalah hasil kreasinya sendiri.

N96

 

6. Kaze Taka

Dia sangat mudah dikenal dengan topi seperti-tengkorak-burung yang tak pernah lepas darinya. Selain menghadiri pertemuan shironuri, ia juga tampil bersama ‘Tokyo Decadance’.

kaze

 

 

Sumber: mgumiy-fantasy, tokyo-fashion

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya