Shirley Yamaguchi, Idola Perfilman Jepang Meninggal Dunia

Kabar duka menyelimuti dunia hiburan khususnya perfilman Jepang, aktris Yoshiko Yamaguchi atau yang lebih dikenal di Amerika dengan nama Shirley Yamaguchi meninggal dunia pada usia 94tahun.

 

Dikenal sebagai Shirley Yamaguchi di AS dan salah satu bintang film terbesar Jepang selama dan setelah Perang Dunia II, Yamaguchi meninggal karena gagal jantung 7 September, menurut lembaga penyiaran publik Jepang NHK.

Lahir dari orang tua Jepang di China utara pada tahun 1920 dan dibesarkan di negara boneka perang Jepang: Manchukuo, Yamaguchi diadopsi oleh seorang teman Cina ayahnya dan berganti nama menjadi Xianglan,” atau Fragrant Orchid,” ketika dia 13.

Dia memulai kariernya sebagai penyanyi Cina Li Xianglan Rikoran dalam bahasa Jepang dan membintangi film berbahasa China yang dibuat oleh Manchuria yang dikelola Asosiasi Cinema Jepang, kebanyakan dari film mereka bertema propaganda.

Yoshiko_Yamaguchi

Banyak diyakini Cina, Yamaguchi adalah bintang di Asia, terutama di Jepang.

Yue Lai Xiang,” adalah salah satu lagu paling terkenalnya, masih populer di kalangan penyanyi Cina. Dalam film “Song of the White Orchid,” ia digambarkan seorang wanita muda Cina yang jatuh cinta dengan seorang pria Jepang setelah keluarganya dibunuh oleh Jepang.

Pihak berwenang China menangkap Yamaguchi setelah perang dan menuduhnya sebagai pengkhianat Cina. Tapi temannya berhasil membuktikan catatan keluarga Yamaguchi bahwa Ia berasal dari Jepang, sehingga Yamaguchi terhindar dari eksekusi. Dia meminta maaf karena menggandakan kewarganegaraan dan diizinkan untuk meninggalkan China.

Setelah perang, Yamaguchi muncul dalam dua film Hollywood dan Broadway selama tahun 1950-an. Di rumah, ia membintangi film dari Akira Kurosawa Skandal”, ” Seijun Suzuki”, Escape at Dawndan film lainnya.

 

arts-graphics-2008_1133533a

Dia kemudian mengundurkan diri dari layar perak, tapi cerita kehidupan dramatis dibuat menjadi drama musikal yang dilakukan hingga saat ini.Dia juga memiliki otobiografi Half Life My sebagai Rikoran” yang sudah tercetak sebanyak 1.987 dan tercatat sebagai best-seller.

Setelah pernikahan pertamanya dengan pematung Jepang-Amerika Isamu Noguchi berakhir pada pertengahan 1950-an, Yamaguchi menikah Hiroshi Ohtaka, Duta Besar Jepang di Burma (sekarang Myanmar), dan kadang-kadang tampil di televisi. Pada tahun 1974, ia terpilih untuk parlemen Majelis Tinggi sebagai anggota Partai Demokrat Liberal yang memerintah dan menjabat sampai 1992 Dia merupakan salah satu kontributor dana penebusan pribadi untuk wanita penghibur” Asia yang digunakan sebagai pelacur untuk militer pada masa perang Jepang.

 

images

 

R.I.P Yoshiko Yamaguchi. Pengabdianmu di dunia hiburan tak akan lekang oleh waktu.

 

Sumber:

http://www.japantoday.com/category/entertainment/view/world-war-ii-film-idol-rikoran-dies-at-94-2

http://www.hollywoodreporter.com/news/shirley-yamaguchi-japanese-film-idol-732707

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya