Seni Permen Dari Jepang

Apa sih amezaiku itu? Amezaiku adalah seni tradisional pembuatan permen ke berbagai macam bentuk hewan dan karakter lainnya yang berasal dari Jepang.
Seni yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu ini sebenarnya sekarang sudah mulai langka bahkan di Jepang, negara asalnya sendiri. Mungkin hanya ada segelintir orang yang masih mempraktekkan seni ini.
Beberapa praktisi amezaiku yang masih ada sampai saat ini antara lain adalah Masaji Terasawa dan Takahiro Mizuki.

Masaji Terasawa

masaji terasaawa

Takahiro Mizuki

Takahiro_Mizuki_the_candy_man

Cara pembuatan seni permen (candy art) oleh amezaiku memiliki beberapa tahapan. Pertama, sirup pati ketan direbus sampai menjadi lentur dan berwarna transparan. Kemudian, bahan ini dibagi menjadi beberapa bagian kecil dan ditarik dan diremas sang seniman. Kontak dengan udara selama proses ini menghasilkan warna putih.

Seniman amezaiku dengan menggunakan berbagai peralatan, seperti gunting kecil, pinset, dan ujung sumpit, selanjutnya harus membentuk karakter, hewan, ataupun bentuk lainnya dengan cepat. Hal ini dikarekan media yang digunakan, yaitu permen, memiliki sifat yang cepat mengeras, sehingga mereka hanya memiliki waktu 3-5 menit untuk menghasilkan bentuk permen yang diinginkan.

SomethingEdible-Joy_Joy_Confections_Amezaiku03

Seniman mencubit, menarik atau membengkokkan permen untuk menciptakan bentuk hewan, baik itu burung, kuda atau naga. Selanjutnya, dia juga akan mencat permen yang telah mereka bentuk dengan pewarna makanan sebagai dekorasi untuk membuat permen menjadi lebih menarik. Beberapa seniman amezaiku juga terkadang melakukan trik sulap dan menceritakan kisah-kisah selagi membuat amezaiku.

1_2-thumb-200x150-320

003

Gambar seni permen Amezaiku

Amezaiku

mamez

9d76f821848f983fcfadc92dd2d14d25

Sumber : Rocketnews24.com

  1. Ning Medyawati
    4 tahun yang lalu

    Bner2x kreatif

    Reply
  2. Anshin
    4 tahun yang lalu

    Aaaa, Di Indonesia ada kok, walau gak sedetail dan serumit bikinan Jepang XD tapi tetep aja, waktu SD saya melongon liat abang-abang tukangnya bikin permen karakter tertentu dan itu Kereeen, yang SD nya tahun 2000an kebawah mungkin tau 😀 entahlah kalo zaman sekarang, sudah jarang terlihat.

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya