SEMINAR&WORKSHOP BUDAYA POP JEPANG “COSPLAY DA!” @UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Lelah dan letih selama perjalanan Denpasar-Surabaya admin Shu terobati sudah setelah mengikuti acara seminar dan workshop yang diadakan oleh para mahasiswa jurusan sastra Jepang, fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga Surabaya pada tanggal 8 Desember 2012 kemarin. Acara ini menghadirkan dua orang narasumber cosplayer kawakan yakni Pinky Lu Xun dan Singgih Hendrojati.

Sesuai dengan rundown acara yang telah diberikan, acara dimulai dengan pembukaan oleh MC Didin dan Risda yang disusul oleh penampilan Niseikai Yosakoi oleh tim Nisekai Yosakoi Sastra Jepang. Sebelum penampilan tarian Yosakoi, MC Didin dan Risda mewawancara salah seorang peserta seminar yang merupakan orang Jepang yang bernama Kazuma untuk menyampaikan kesannya tentang cosplay  di Jepang.  Kazuma menjelaskan bahwa dia tidak pernah bercosplay di Jepang dan hanya melihat kegiatan cosplay pada acara bunkasai di kampusnya.

Tarian Yosakoi oleh Tim Niseikai Yosakoi

 Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Departemen Sastra Jepang, Bapak Syahrur Marta Dwisusilo, S.S, M.A dan kemudian sambutan perwakilan Dekan FIB Unair oleh Bapak Puji.

Seminar session pertama pun dimulai oleh narasumber Pinky Lu Xun yang menjelaskan mengenai 5W+1H tentang cosplay yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Menurut narasumber Pinky Lu Xun ketika ditanyai tentang apakah badut juga masuk sebagai kategori cosplay, ia menjelaskan bahwa badut tidak termasuk ke dalam cosplay karena badut merupakan maskot dari sebuah perusahaan atau bersifat menghibur karena bentuknya yang lucu sedangkan cosplay bukan badut karena cosplay harus memerankan sebuah karakter yang memiliki latar belakang kompleks. Karakter original maupun karakter modifikasi jika dilihat dari peniaian WCS (World Cosplay Summit) tidak bisa diikut sertakan dalam kompetisi summit maupun AFA yang mengharuskan pesertanya menampilkan karakter dari anime/manga, game dan tokusatsu dari Jepang.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai cara pemiihan karakter, pembuatan kostum dan tips-tips lain seputar cosplay oleh narasumber kedua, Singgih Hendrojati.

Dalam presentasinya, Mas Singgih menjelaskan materi dengan cara yang menarik sehingga peserta tidak merasa bosan dan bahkan penuh gelak tawa. Ia bahkan mencontohkan bagaimana melakukan perfom cosplay di atas stage yang baik dan menarik mengingat performance di atas panggung merupakan hal yang penting saat mengikuti sebuah kompetisi cosplay.

Menjelang pukul 13.00 WIB, acara dijeda dengan ISHOMA. Dan panitia seminar membagikan makan siang berupa bento dan angket untuk diisi oleh peserta. Sembari makan, tim akustik Niseikai menghibar peserta dengan alunan gitar akustik yang lembut.

Setelah selesai makan, admin Shu-pun mulai beraksi melambai kanan kiri oke cari kenalan baru. Fufufufu… Peserta yang hadir dari berbagai kota di Jawa Timur seperti Lamongan hingga Malang. Panitia juga ramah dan admin Shu mendapat kesempatan berkenalan dengan Asisten Dosen yang orang Jepang asli bernama Satoshi-san. Satoshi-san nampaknya sering dibully oleh para mahasiswa Sastra Jepang..

Makan siang udah, kenalan juga udah.. yopz, lanjut ke acara workshop make up oleh Pinky Lu Xun. Kali ini cosplayer dari tim cosplay Fabulous Sensation yang dikapteni oleh Mas Singgih Hendrojati bernama Firly menjadi contoh untuk workshop make up.

Acara dilanjutkan dengan games seputar anime dan pengumuman peserta terbaik dan admin Shu mendapatkan predikat peserta terbaik! Yaaaayyyyyy!!!!! *menggelinding saking senangnya… Mungkin karena yang hadir bercosplay hanya admin Shu dan salah seorang peserta lain kali ya… Nggak masalah deh, yang penting dapat kenang-kenangan. Hihihi..

Seminar&workshop ini berakhir pukul 15.00 WIB setelah penyerahan plakat dan sertifikat oleh panitia kepada narasumber. Dan akhirnya, admin Shu mendapat kesempatan berfoto bersama Pinky Lu Xun yang chooo kawaiiiii dan dapet tanda tangan pula!!! >_<

Pulang dapat sertifikat..

Sebelum pulang narsis dulu dunk. Hehehehhe..^^vDan selesai sudah seminar&workshop hari ini. Terima kasih banyak untuk Thomas William Kinnison yang sudah bantuin foto dan menggaje ria, ‘lek ngumpul-ngumpul maneh ndok TA ojo lali aku dijak yo. hohoho. Mohon maaf jika foto-fotonya agak ‘sesuatu’ karena kita juga sedang trial kamera baru. Belum terlalu ngeh cara pakainya. hehehe.

Ohya, tanggal 15-17 Februari 2013 Sastra Jepang Unair juga bakal ngadain acara bertajuk “Japanese World 2013” lho. Semoga kita bisa ketemu lagi yaaaa…..

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya