SCANDAL (スキャンダル), Band Cewek Terkenal Dari Jepang

SCANDAL (スキャンダル) adalah grup band pop/rock dari Osaka, Jepang, yang semua anggotanya adalah perempuan yaitu Haruna Ono, Tomomi Ogawa, Mami Sasazaki, dan Rina Suzuki. SCANDAL dibentuk sejak mereka duduk di bangku SMA dan kini semuanya telah lulus namun dalam setiap penampilanya identik dengan kostum seragam SMA. SCANDAL memproklamirkan diri mereka sebagai “Grup Gadis Pop Rock Jepang Terkuat”, mereka sangat enerjik,lagu2 yang mereka bawakan juga sangat berkarakter kuat, terutama karena Haruna yang tertua dan pemimpin band, membagi vokal dengan tiga anggota lainnya, agar tidak terfokus pada satu gadis tertentu dan membagi pusat perhatian, tapi biasanya vokal Haruna dan Tomomi lah yang paling menonjol.

Kalo band lain mempromosikan diri dengan cara yang sudah umum,beda dengan band ini. Karena mereka adalah penggemar anime dan manga Jepang, mereka ingin diwakili dalam bentuk anime, mengubah setiap anggota menjadi karakter anime. SCANDAL dalam bentuk animasi ini adalah fitur pada serangkaian video promosi yang tersedia di situs web dan blog yang kemudian juga dijual dalam bentuk DVD. Sebelum begitu terkenal di Jepang dan masuk mayor label, band ini bahkan sudah tampil di acara festifal budaya Jepang di Amerika Serikat dan Perancis.

THE BEGINING

Pada bulan Agustus 2006, keempat gadis ini bertemu di sekolah vokal dan tari Caless, Haruna dan Mami dari Calles cabang Nagoya; Tomomi dan Rina dari cabang Osaka [1], Atas saran dari mentor mereka di untuk menguasai instrumen musik, mereka pun memutuskan untuk membentuk band SCANDAL, menulis dan memainkan lagu mereka sendiri sambil menjalani kehidupan sekolah sehari-hari mereka. Tak lama kemudian, mereka mulai melakukan pertunjukkan live setiap akhir pekan di Shiroten di Osaka Castle Park.

Seiring berjalannya waktu lebih dari seratus penggemar mulai konsisten menghadiri pertunjukan live mereka, yang mengakibatkan band tersebut semakin dikenal di masyarakat Jepang. Pada bulan Agustus 2007, SCANDAL berkesempatan kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara khusus di Shibuya Club Asia. Klub yang sangat diakui dan dihormati di Shibuya. Saat itulah label rekaman Kitty Records (anak perusahaan Kitty Films) menawarkan untuk merekam lagu-lagu mereka. Beberapa bulan kemudian, gadis-gadis itu dikontrak secara independen yang fleksibel oleh Kitty dalam kemitraan dengan Tower Records.

INDIE LABEL


Pada tahun 2008, SCANDAL merilis tiga single indie eksklusif di Tower records. Single indie pertama mereka ini dirilis pada tanggal 3 Maret 2008 di perayaan Girl’s Day, yang meskipun berada di peringkat kedua pada “Indies Weekly Chart”, terjual habis di seluruh Jepang dan memiliki kesulitan dalam penyimpanan karena permintaan yang tinggi. Dalam upaya untuk mempermudah fans dalam mendapatkan album ini, single ini dirilis di iTunes Music Store Amerika dan Jepang pada 9 April 2008. Dua single (dalam bentuk CD) berada di peringkat nomor 1 di “Indies Weekly Chart”. Single kedua mereka Koi Moyō, juga ditunjuk sebagai “Lagu terbaik minggu ini” di iTunes Store Jepang dari 16 April – 22 April 2008.

Tepat setelah rilis pertama mereka, SCANDAL meninggalkan Jepang untuk melanjutkan tur internasional pertama mereka, “Japan Nite US Tour 2008”, diikuti oleh dua konser di konvensi budaya dan anime Jepang, “Sakura-Con 2008” dari 16 Maret – 30 Maret. Pada bulan Juli tahun yang sama, mereka tampil di France’s Japan Expo dan juga di Ani-Com Hong Kong pada bulan Agustus. SCANDAL menyudahi karier indie mereka dengan merilis album mini pertama mereka, Yah! Yah! Yah! HELLO SCANDAL.

MAYOR LABEL


Pada awal September 2008, SCANDAL memulai kontrak dengan Sony Music Japan karena dengan Kitty Record CD mereka dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas (hanya 2000 dari masing-masing) yang menyebabkannya cepat habis terjual. Sony Music Jepang menempatkan mereka di label Epic Records Jepang. Pada bulan Oktober, mereka merilis debut single yang berjudul “Doll”. Memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk di ekspose, termasuk penampilan di acara televisi musik mainstream di Jepang. Mereka merilis singgle “Sakura Goodbye” pada Maret 2009 untuk memperingati kelulusan SMA Mami dan Tomomi.[3] Bulan berikutnya, mereka merilis single “Shōjo S” yang digunakan sebagai lagu tema pembuka kesepuluh dari serial anime Bleach[4] Hal ini semakin meningkatkan popularitas mereka, bahkan single menduduki peringkat # 6 Oricon chart saat dirilis dua bulan kemudian pada bulan Juni.

untuk yang pengen kenal lebih jauh dengan personil2 cantik band ini, tunggu artikel J Cul selanjutnya yaa ^^

Sumber

 

  1. Jonathan
    5 tahun yang lalu

    SCANDAL ♥

    Tahun depan mereka konser di Jakarta, semoga bisa nonton konsernya 🙂
    sama dapat hadiah dari J-Cul juga hehe.

    Reply
  2. Irfan
    5 tahun yang lalu

    Tahun depan gue akan datang ke konser mereka di Jakarta >.<
    Yoooooooo

    Reply
  3. Ravenitsu Kouzimaru
    5 tahun yang lalu

    maret 2013 mereka konser ke jakarta.
    udah pasti gua kagak nonton.
    wkwkwkwk huhuhuhuhu…., padahal pengen banget liat tomomi chan….,

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya