Saya Berpakaian Tradisional Jepang, Apakah Saya Seorang Cosplayer???

Sebelum menjawab judul artikel ini, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang perbedaan antara cosplay dan pakaian adat…

Cosplay adalah POP CULTURE, sedangkan pakaian adat adalah TRADITIONAL CULTURE. 

Traditional culture adalah budaya atau hal yang trend atau ramai di masa lalu. contoh traditional culture: wayang, lenong, kabuki, kimono, matsuri, dll. Pop culture adalah semacam hal-hal yang trend yang sedang disukai khalayak ramai di era modern. Contoh pop culture: Kpop, bboy, standup comedy, cosplay,anime dll.

Apa sajakah yang termasuk dalam pakaian traditional culture jepang?? ada banyak pakaian tradisional Jepang yang sudah pernah jcul bahas sebelumnya dalam artikel ini http://j-cul.com/15-fashion-tradisional-jepang/. Pada umumnya pakaian-pakaian ini digunakan dalam menghadiri acara-acara resmi, event-event jejepangan, perayaan/festival jejepangan, dan kegiatan adat yang menjadi tradisi Jepang.

Dari penjelasan diatas, kita dapat menjawab dari judul artikel ini bahwa, dengan berpakaian tradisional Jepang, kalian TIDAK BISA menyebut diri kalian adalah seorang cosplayers. Cosplay adalah sebuah hobi, hobi tentang Pop Culture.

Nah mimin pernah mendengar pernyataan seperti ini

“Saya akan mengcosplaykan Hanoman”

“Saya akan mengcosplaykan Gatot Kaca”

Ini merupakan fenomena dan dilema dari penikmat cosplay. Dan muncul lagi pertanyaan, apakah orang tersebut tergolong cosplay? Menurut pendapat mimin, hal tersebut jelas bukan cosplay. Ini adalah tradisinal culture Indonesia.

Ehmmm…..jika kasusnya adalah karakter anime/manga/vocaloid kalian berpakaian tradisional Jepang dalam suatu musim tertentu, dan kalian menirunya, ini disebut dengan Cosplay, bukan lagi tradisional jepang. Karena sudah melibatkan seorang karakter pop culture.  Sebaliknya, jika hanya menggunakan pakaian tradisional Jepang tetapi tidak menunjuk dengan seorang karakter Pop Culture, itu bukanlah cosplay.  Ini pendapat admin, bagaimana dengan kalian??

Hatsune.Miku.full.1468818

my_cosplay_hatsune_miku_in_yukata_by_hasu_ren-d5ecf62

Kawaii Miku-chan dalam balutan Yukata

vocaloid__hatsune_miku___yukata_version_by_xingx-d5yrxio

 

 

sumber : komunitas-harajuku-cosplay-indonesia

  1. Tsujivo van Vali
    4 tahun yang lalu

    YANG PENTING COSPLAY \ :v /

    Reply
    • Tsujivo van Vali
      4 tahun yang lalu

      Btw, itu pake wig miku, MIKU COSPLAY \ :v /

      Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya