Robot-Robot Canggih Di Jepang

Keberadaan robot di Jepang sudah tidak asing lagi, robot di Jepang terus dibuat dengan penuh inovasi dan trobosan terbaru. Banyak robot yang dibuat untuk melakukan hal-hal yang dapat dilakukan oleh manusia. Berikut beberapa robot canggih Jepang yang dapat melakukan pekerjaan  manusia.

Robot Motoman : Robot yang Pandai Memasak Okonomiyaki

5753623_20130903092351

Semakin canggih sebuah robot memang semakin mudah dunia ini, tetapi di lain sisi berapa banyak pengganguran yang akan terjadi bila semua pekerjaan manusia digantikan oleh sebuah robot, bahkan untuk pekerjaan seorang koki.
Robot MotoMan SDA1 dari perusahaan Yaskawa Electric, Jepang adalah robot yang juga bisa memasak makananan yang digemari di Jepang yaitu Okonomiyaki. Sebenarnya robot ini sendiri diciptakan untuk merakit kamera digital disposable tetapi ternyata robot ini juga pintar untuk membuat okonomiyaki. Robot ini mempunyai tinggi 135cm dan berat 220 kg mempunyai 2 tangan yang cukup panjang sehingga mempunyai jangkauan yang luas.

Yaskawa-kun: Robot penjual es krim di Jepang

es krim

Melihat penjual es krim saja semua anak pasti senang, apalagi yang jualnya itu sebuah robot yang lucu. Yaskawa-kun adalah sebuah robot penjual es krim yang sedang menjual es krimnya di sebuah theme park di Jepang, tepatnya di Tokyo Summerland.
Sama seperti dilayani orang, Yaskawa-Kun akan langsung membuat pesanan es krim bila anda sudah memilih jenis es krim dan juga membayarnya tentu saja. Bedanya, anda bisa memilih es krim melalui layar sentuh yang ada.

Ninomiya-kun: Robot yang Dapat Membaca Buku Untuk Anak atau Orang Tua

bca

Ninomiya-kun adalah sebuah robot yang bisa membaca buku melalui kamera yang ada di matanya. Robot ini bisa membaca seluruh jenis bacaan mulai dari koran sampai majalah dari awal sampai akhir. Buku/ koran diletakkan di bagian yang ada dan dengan mekanik yang ada, setiap lembaran bisa dibalik secara otomatis. Saat ini Ninomiya-kun memang hanya bisa mengeluarkan suara robot tetapi para peneliti akan mencoba untuk membuat suara Ninomiya-kun lebih mempunyai perasaan sehingga bisa menyamai suara manusia. Di dalam sistimnya, robot ini dapat mengenali 2.000 huruf kanji, hiragana dan katakana tetapi ke depannya, robot ini diharapkan dapat lebih banyak mengenal tulisan/ huruf lainnya. Robot ini dibuat oleh Waseda University di Jepang dan mempunyai tinggi 1 m dan berat hanya 25 kg. Ninomiya-kun diharapkan dapat berguna bagi para orang tua yang mempunyai kesulitan untuk membaca dan juga orang tua yang malas untuk membacakan buku cerita ke anaknya sebelum tidur

Robo-Barmaid: Robot yang Akan Menggantkan Tugas Bartender

bartender

Di masa depan, sepertinya robot banyak mengambil alih sebagian pekerjaan manusia dan memungkinkan terjadinya peningkatan pengangguran. Salah satunya adalah Robo Barmaid (Asahi Beer Robot) yang bertugas untuk menggantikan tugas bartender di bar atau klub malam. Robo Barmaid akan membuka botol bir dan memberikannya ke para tamu yang memang sudah mabuk. Selain membuka botol bir, bagi anda yang lebih suka meminum bir dari gelas, robot ini juga mampu menuangkan bir ke dalam gelas dan memberikannya kepada para tamu tanpa tumpah. Keuntungan lainnya yang membuat anda sedikit lega adalah robot ini tidak suka duit alias tidak perlu diberi tip setelah melayani anda semalaman penuh.

RIBA: Robot yang Tugasnya Menggendong Pasien di Rumah Sakit

gendong2

RIBA (Robot for Interactive Body Assistance) adalah sebuah robot yang diciptakan oleh Japan Institute of Physical and Chemical Research (RIKEN) yang dikhususkan untuk mengangkat atau tepatnya menggendong pasien di rumah sakit. RIBA nantinya akan menemai para suster yang biasanya memang kesulitan untuk mengangkat pasien dari/ke atas ranjang. Selain menggendong pasien, RIBA juga dilengkapi dengan Face and Voice recognition dimana RIBA mampu menjalankan perintah melalui suara dan mengenali para suster atau orang yang bekerja di rumah sakit. Sayangnya RIBA yang beratnya mencapai 180 kg ini hanya mampu menggendong seorang pasien dengan berat sampai 61 kg. Ini yang membuat Japan Institute of Physical and Chemical Research berpikir bukan kalau pasien dengan berat hanya 61 kg masih mudah untuk menggendongnya?? Justru mungkin pasien dengan berat lebih dari 61 kg yang butuh si RIBA?

ApriPoko : Robot yang berfungsi sebagai Universal Remote Control

MINOLTA DIGITAL CAMERA

ApriPoko, robot keluaran dari Toshiba ini adalah sebuah universal Remote Control yang dapat mengontrol semua remote baik TV, video dan lainnya. Kelebihan robot ini adalah dapat berbicara dan diperintahkan melalui suara (voice operated). Robot ini akan mempelajari segala kebiasaan anda dalam menggunakan remote untuk setiap alat bahkan bertanya segala hal untuk memudahkan anda menggunakan remote di kemudian hari. ApriPoko akan mendeteksi semua remote melalui koneksi InfraRed (IR) dan bertanya kepada anda, apa yang harus dia (ApriPoko) lakukan.

Sumber : gizmodo.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya