geminoid-xlarge

Robot Manusia Pertama Yang Mampu Bermain Film

Biasanya di film-film robot pemeran utamanya adalah manusia, sedangkan karakter robotnya ‘dihidupkan’ dengan berbagai macam efek visua.. Namun dalam film robot buatan Jepang yang satu ini agak sedikit berbeda. Sang sutradara justru menjadikan robot sungguhan sebagai pemeran utama dalam filmnya. (pengiritan gak usah bayar pemeran utama yhaaa….hahhaha)

2E0568E000000578-0-image-a-53_1446414908096

 

Robot yang digunakan adalah sebuah robot bernama Geminoid F, didesain dengan wajah perempuan dengan kulit karet dan gerak-gerik layaknya seorang manusia. Geminoid F menjadi aktris dalam sebuah film berjudul ‘Sayonara’, film yang memiliki latar cerita kehidupan pasca bencana nuklir di Jepang.

Geminoid F yang berperan sebagai Leona dalam film tersebut dianggap layaknya seorang aktris manusia oleh sang sutradara, Koji Fukada. Ia bahkan mencantumkan nama android cantik itu dalam daftar pemeran dalam kredit akhir film. Hal ini pun menjadikan  Geminoid F sebagai robot pemeran wanita pertama dalam dunia seni peran.

2E0568E400000578-0-image-m-49_1446414872223

Geminoid F sendiri dibuat oleh Hiroshi Ishiguro, desainer robot dari Universitas Osaka, Jepang. Robot tersebut seharga 144,2 juta yen (Rp 16,8 miliar). Namun android pemeran Leona dibuat seharga 13,7 juta yen (Rp 1,56 miliar), dengan ini Ishiguro berharap mendekatkan teknologi dengan aliran mainstream.

Sampai saat ini Geminoid F memiliki beberapa kemampuan layaknya manusia seperti bisa tersenyum, mengerutkan dahi, dan menggerakan mulut, berbicara dan bernyanyi, serta memainkan rekaman, dan meniru suara manusia lain. Dan dengan dilengkapi motor penggerak bertenaga tekanan udara, ia juga mampu meniru ekspresi wajah manusia. Dalam film, si robot dikendalikan dari kejauhan dengan laptop.

Profesor Ishiguro sebelumnya juga pernah mendesain sejumlah robot yang serupa dengan manusia, ia bahkan membuat dirinya dalam bentuk robot. Ia menyatakan bahwa suatu hari nanti robot akan sulit dibandingkan dengan manusia.

Sumber: www.dailymail.co.ukngonoo.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya