bayi

Robot Bayi Untuk Para Lansia

Budaya workaholic yang mendarah daging di Jepang, kini menjadi masalah tersendiri yakni pertumbuhan penduduk usia produktif yang lambat. Etos kerja tinggi yang dianut oleh para warga Jepang, bahkan tak sedikit dianggap sudah terlalu berlebihan. Pasalnya, kebanyakan mereka sudah kecanduan bekerja hingga melupakan liburan, mengambil cuti, apalagi sekedar melakukan hal yang membuang waktu. Orang muda Jepang juga lebih banyak menikmati bekerja ketimbang menikah dan memiliki anak.

Hal lainnya, semakin banyak lansia yang hidup sendiri di Jepang. Tentu saja, kesepian mudah sekali menyerang para lansia yang hidup seorang diri. Tak kehabisan akal, kreator robot di Jepang memiliki inisiatif untuk membuat sebuah robot bayi bernama Smiby yang didesain untuk menemani para lansia yang merasa kesepian.

Robot bayi bernama Smiby ini didesain dan dikembangkan oleh profesor robotik dari Universitas Chukyo Nagayo yaitu Masayoshi Kano, bekerja sama dengan perusahaan Togo Seisakusyo di Togo, Prefektur Aichi. Robot bayi ini sudah mulai dipasarkan sejak 15 Januari 2015 kemarin.

Para lansia nantinya bisa memperlakukan robot ini selayaknya bayi manusia. Smiby dibekali dengan sensor yang bisa merespon sentuhan orang. Ia akan tertawa ketika dipeluk, dan menangis jika ditinggal. Jika ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama, sang “bayi” Smiby akan tertidur melalui sebuah program yang sudah disetting oleh para pembuat robot ini.

Ada juga ekspresi gembira yang ditunjukan oleh “bayi” robot ini. Lampu Led berawarna merah muda akan menyala.

Bayi robot ini dibuat menggunakan 500 bunyi suara bayi yang sudah direkam dalam waktu 6 bulan oleh para peneliti. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan klaim para pembuat, Robot ini bisa mengobati kesepian 5 dair 9 lansia yang mengasuhnya.

Untuk mendapatkan Smiby si “robot bayi”, para calon pengasuh harus membelinya dengan banderol 68.000 Yen atau berkisar 7 jutaan. Sementara, pihak pembuat memberikan sampel secara gratis untuk fasilitas perawatan lansia di Jepang.

Lihat video berikut untuk mengetahui bagaimana aksi robot bayi Smiby

masayoshi-kanos-babyloid

Smiby_2

Smiby_3

 

Smiby_5

 

Smiby_4

Sumber: sukajepang.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya