Rinko Kikuchi, Aktris Asal Jepang Pertama yang Masuk Nominasi Oscar

Aktris muda asal Jepang yang sudah berkepala 3 ini (jangan mengira ia masih berumur 25-an) baru mendapat sorotan internasional saat ia berperan sebagai gadis tuna rungu dan tuna wicara bernama Chieko Wataya dalam film Babel (2006). Rinko yang bernama asli Yuriko Kikuchi ini sudah mulai berakting sejak tahun 1997 dengan film televisi pertamanya berjudul Gakkô no kaidan F. Film layar lebar pertamanya berjudul Ikitai (1999) yang disutradarai oleh Kaneto Shindo. Berawal dari film ini, Rinko pun kemudian mulai sering muncul di layar lebar. Kualitas aktingnya pun mulai meningkat dan banyak dilirik oleh sutradara film Jepang saat itu. Film-flim yang dibintanginya pun mulai dikenal publik di luar Jepang saat film-filmnya seperti Sora No Ana dan Cha No Aji mulai tampil di festival-festival film seperti Festival De Cannes.

 

oyster-93-rinko-kikuchi

 

Sekurangnya sudah 16 film yang ia bintangi hingga akhirnya sutradara Alejandro González Iñárritu mengajaknya bermain dalam film Babel tahun 2006 lalu, film yang mendapatkan banyak nominasi di ajang movie award. Kikuchi menunjukkan totalitasnya dengan beradegan berani memerankan karakter remaja Chieko yang rapuh dan haus perhatian ini. Tidak heran jika penampilannya menyita perhatian para juri dan kalangan sineas perfilman internasional lainnya. Babel jugalah yang membawa nama Rinko Kikuchi tercatat sebagai aktris Jepang pertama yang dinominasikan piala Oscar dalam 50 tahun terakhir. Namun, sayang dengan semua prestasi yang diraih, publik masih mengganggapnya dirinya lebih tenar di Hollywood ketimbang di negara asalnya sendiri, Jepang. Namun, semoga saja pasca rilisnya Pacific Rim, Jepang semakin antusias mengenal aktris lokalnya yang sudah sukses go international ini.

468

Di film terbarunya Pacific Rim (2013), Rinko berperan sebagai asisten pilot robot raksasa Gipsy Danger, bernama Mako Mori. Rinko menganggap sang sutradara Guillermo Del Toro adalah seniman sejati saat keduanya bekerjasama lewat film action fantasi tersebut. Del Toro pun mengganggap Rinko aktris dengan dedikasi tinggi. Berhasil melewati tantangan berakting dalam set robot Jaeger yang luar biasa berat ini tanpa mengeluh sedikit pun merupakan pujian yang diberikan Del Toro kepada Kikuchi. Kikuchi juga dianggap berhasil menampilkan sosok heroine baru yang bukan hanya memanfaatkan kondisi fisik semata, tetapi juga kemampuan mengendalikan emosi dengan baik. Sudah terlanjur ngefans dengan Kikuchi dan penasaran dengan debut film selanjutnya? Masih dalam rana Hollywood, Rinko akan bermain dalam 47 Ronin bersama aktor Keanu Reeves yang rencananya rilis Desember tahun ini. Perannya kali ini adalah sebagai Mizuki, kaki tangan villain utama film ini.

 

47-ronin-4

 

Hingga saat ini, Kikuchi telah bermain dalam 40 judul film layar lebar dan layar televisi termasuk Norwegian Wood (film adaptasi novel berjudul sama karya Haruki Murakami ) dan The Brothers Bloom di mana ia beradu akting dengan Adrien Brody dan Rachel Weisz. Portfolio aktingnya di dunia internasional sudah jelas tidak perlu diragukan lagi. Sudah seharusnya Jepang bangga memiliki aset penuh talenta ini. Kikuchi is trully an amazing actress who mesmerizes with both her external and internal beauty.

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya