Restoran Ini Mendenda Pengunjung Yang Tidak Menghabiskan Makanannya

Seorang blogger Jepang, Midori Yokoyama menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke restoran yang terletak di Kota Sapporo tersebut. “Waktu itu, aku awalnya liat menu. Lalu liat tsukko meshi (semangkuk nasi dan telur salmon segar) dan tertulis bahwa pembeli harus menghabiskan makanan itu,” tulis Midori. “Bahkan disitu tertulis, tersisa satu butir nasi pun, tetap bakal didenda,” sambung dia.

infoxspot.blogspot.com-Restoran Hachikyo (3)
Menurut penjelasan dalam menu, lanjut Midori, juga disebutkan bahwa sebagian besar makanan disini didapat dari jerih payah nelayan. Mereka mati-matian mencari ikan di laut, menghantam ombak. “Karenanya, restoran memberlakukan aturan ini. Untuk menghormati pengorbanan nelayan,” tutur Midori. Selain itu, kata Midori, pengunjung juga tidak boleh menyentuh nasi. “Satu butir pun tidak boleh,” ucapnya.

infoxspot.blogspot.com-Restoran Hachikyo (4)
Suasana unik lainnya, para pelayan restoran bekerja menyiapkan makanan seperti orang-orang yang sedang berlayar mencari ikan, berada di atas perahu atau kapal laut. “Mereka mempraktikan pelayanan ala maritim. Sebagai cara untuk membuat pelanggan merasa lebih dekat dengan suasana kampung nelayan di pinggiran pantai,” ujar Midori. Untuk 1 porsi makanan, jelas Midori, harganya sekitar US$ 20 atau sekitar Rp 193 ribu. Namun, ia tidak menyebutkan berapa yang harus dibayar pelanggan apabila melanggar aturan, termasuk tidak menghabiskan makanan. Tertarik makan di restoran ini?

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya