Rahasia di Balik Kesuksesan Timnas Bola Jepang

Jepang adalah juara Asia 3 kali dalam 4 gelaran Asian Cup terakhir yaitu pada tahun 2000,  2004 dan 20011. Mereka juga langganan ikut World Cup. Bandingkan dengan Indonesia, negara yang mempunyai penduduk lebih dari 220 juta jiwa tetapi prestasi sepakbolanya jalan di tempat. Yang lebih parah adalah pada AFF Cup 2012 kemarin, lawan Laos hanya bisa imbang. Mengapa timnas Jepang bisa sekuat sekarang? Jawabannya karena liga yang berkualitas. J-League yang mengadopsi liga indonesia adalah satu-satunya liga berlisensi A di AFC. Talenta lokal banyak diberi kesmpatan bermain sehingga seperti tidak pernah kehabisan  pemain berbakat. Setelah cukup bekal biasanya mereka bermain di eropa khususnya Bundesliga Jerman. Hajime Hosogai, Atsuto Uchida, Gotoku Sakai, Shinji Okazaki, Takashi Inui, Hiroshi Kiyotake  dan Makokto Hasebe adalah beberapa diantara mereka.

 

Japan_National_Football_Team_by_crzyazndude06

 

Kembali ke J-League, melihat daftar top scorer sementara saya hanya bisa menelan ludah karena 11 dari 15 pemain teratas adalah pemain lokal dan yang unik mereka semua bukanlah anggota timnas Jepang saat ini. Top Scorer saat ini Yoshito Okubo sudah lama tidak dipanggil oleh Mr. Zac. Bahkan Top Scorer musim lalu Hisato sato dengan 22 golnya dan jadi Best Player tetap saja tidak punya kesempatan membela timnas setelah terakhir membela timnas pada tahun 2010, padahal tahun ini ia masih amat tajam dengan 14 golnya. Anehnya posisi Goal Getter utama Jepang saat ini diisi oleh Ryochi Maeda yang musim ini hanya mencetak 2 gol. Yuya Osako, Masato Kudo mulai diberi kesempatan pada piala asia timur kemarin bersama Yohei Toyoda dan 2 gelandang serang lincah Yoichiro Kakitani dan Genki Haraguchi, sedeangkan Kazuma Watanabe harus memupus impiannya menambah capsnya yang baru 1.

 

japan-football-team

 

Dengan banyaknya pemain berkualitas jebolan J-League selama ini tak berlebihan jika Jepang akan tetap jadi raja asia. Berbeda dengan Indonesia dimana hanya Boaz Salosa yang talenta asli Indonesia yang masuk jajaran top scorer. Lantas dimana yang lainnya? Karena kebijakan tim yang lebih memilih striker asing membuat pemain indonesia yang berposisi striker jadi terpinggirkan. YongkY Aribowo yang dulu sangat fenomenal tak terdengar lagi gaungnya. Indonesia sepertinya harus lebih banyak belajar dari negeri matahari terbit ini. Bagaimana menurut kalian??

 

 

Mau beli kaos bola??? Lihat produknya DISINI

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya