Proyek Khusus Mengenang Hide X Japan

Pada saat perayaan ulang tahun Hide berlangsung 8 Desember lalu, sebuah teks muncul di layar besar bertuliskan Hide ROCKET DIVE 2013~2014 ~20th solo works & 50th of birth anniversary~.

Sankei Sports melalui wawancara mengungkapkan bahwa proyek tersebut dibuat dalam rangka memperingati 20 karirnya sejak Hide memulainya sebagai musisi solo yang akan diselenggarakan pada 2013 mendatang, sekaligus merayakan ulang tahunnya ke-50 tahun pada 2014 mendatang.

Dalam proyek yang sedang dikerjakan tersebut, salah satu misi utamanya adalah membuka kembali museum Hide.  Menurut salah satu sumber yang terlibat dalam restorasi, museum Hide tersebut dijadwalkan akan kembali di buka untuk umum di Tokyo pada musim panas mendatang. Sementara di Osaka akan mulai di buka pada musim gugur mendatang. Pada 2014 museum Hide juga akan dibuka di tempat yang sudah ditentukan.

Sumber tersebut menambahkan, “Untuk 2013, museum Hide akan memusatkan pamerannya pada karya-karya solo Hide. Sementara untuk 2014, kami akan menukar benda-benda yang dipamerkan lebih kepada sejarah kehidupan pribadinya. Selain itu desain interior dan eksterior museum tersebut juga akan menggunakan warna kesukaan Hide.”

Sebelumnya, museum Hide sempat buka di kampung halamannya di Yokosuka, Kanagawa pada tahun 2000 silam. Dalam museum tersebut dipamerkan sekitar 1000 unit memorabilia milik Hide seperti 23 gitar, kostum-kostum, mobil kesayangannya, bahkan transkrip nilai saat ia duduk di bangku SMP.


Awalnya museum itu dijadwalkan akan tutup setelah 3 tahun, namun diperpanjang menjadi 5 tahun karena banyaknya pengunjung yang mengunjungi museum tersebut, sekitar 400.000 pengunjung dalam waktu 5 tahun. Begitu juga sangat banyak permintaan agar museum tersebut kembali dibuka.

Selain itu, mereka akan menayangkan film konser saat peringatan kematiannya pada 2 Mei mendatang di beberapa lokasi. Ada pula rencana untuk menayangkannya di luar negeri. Kabarnya rencana tersebut telah mencapai tahap akhir negosiasi dengan lokasi yang ditentukan. Di samping itu akan juga diadakan sebuah festival musik yang akan bernama Hide Memorial Summit.


Para penggemar hingga kini masih menunjukkan kecintaan mereka yang kuat terhadap Hide. Sekitar 35.000 orang menghadiri upacara peringatan dua belas tahun kematiannya yang diadakan di Kuil Tsukiji Honganji, Tokyo pada tahun 2010 silam.

Sumber: Rolling Stone

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya