srep10455-f7

Proteo, Pendeteksi Kanker Awal Buatan Ilmuwan Jepang

Selain menggunakan sumber daya manusia mereka untuk mengembangkan robot-robot, ilmuwan Jepang juga menggunakan pemikir-pemikir hebat mereka untuk melawan kanker. Baru-baru ini, ilmuwan Jepang dari MyTech Inc. dan Universitas Showa berhasil membuat sebuah chip yang bernama “Proteo” yang bisa mendeteksi kanker stadium awal hanya dalam 3 menit dan dari setetes darah.

6555

Yuki Hasegawa dari MyTech dan Hiroaki Ito dari Universitas Showa membanggakan teknologi mereka yang memiliki keakuratan hingga 90 persen, jauh lebih akurat dibanding tes darah konvensional yang hanya 10-20 persen.

Keakuratan Proteo berasal dari chip yang didesain untuk “menangkap” hanya nukleosom yang telah dirusak kanker, bukan nukleosom normal. Para ilmuwan Jepang ini menemukan bahwa nukleosom memancarkan cahaya, meskipun hanya sedikit, dan dapat diamati di bawah mikroskop fluorescent. Semakin banyak nukleosom yang ditangkap, semakin kuat intensitas cahayanya. Dengan bantuan sinar laser, Proteo juga dapat membantu dokter menentukan jenis kanker yang diderita pasien.

Penemuan baru ini tentunya merupakan sumbangan yang sangat berarti untuk dunia kesehatan dan perang melawan kanker. Meski tes awal memperlihatkan banyak hasil menjanjikan, masih banyak yang perlu dikembangkan sebelum teknologi ini dilempar ke pasar.

srep10455-f7

Sumber: The Japan Times

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya