New 3DS Game – ‘Pokemon Mystery Dungeon: Magnagate and the Infinite Labyrinth’

Berita dari Majalan Corocoro telah membocorkan game terbaru Spin Off Pokèmon Mystery Dungeon yang akan Hadir di console 3DS di Jepang pada Musim Dingin ini. Game yang dinamakan Pokémon Mystery Dungeon: Magnagate and the Infinite Labyrinth ini dimulai dengan player mengalami mimpi yang aneh, lalu bangun menjadi Pokémon.

Pokémon yang kemungkinan bisa di gunakan adalah Pikachu, Snivy, Oshawott, Tepig, dan Axew. Sedangkan Pokèmon lain seperti Virizion, Gurdurr, Hydreigon, Cofagrigus, Amoonguss, Cinccino, Dunsparce, Espeon, Umbreon, Excadrill, Rampardos, Pelipper, dan Kecleon juga akan membuat penampilan dalam permainan ini dengan beberapa dari mereka berjualan di shop mereka sendiri.

Di game ini gamer dapat merekrut total 386 pokemon yang tersebar di beberapa dungeon.    Untuk merekrut pokemon, gamer perlu memerhatikan beberapa hal.  Satu, Friend Area, dengan ini pokemon yang ingin kamu recruit dapat tinggal di habitat yang ia suka.  Friend Area dapat dibeli di Wigglytuff’s Shop di areal Pokemon Square.  Beberapa pokemon memberikan Friend Area seiring dengan bergabungnya ia kedalam tim (biasanya boss seperti Groudon, Kyogre dll.). Beberapa job juga menghadiakan Friend Area, terutama jika job itu didapatkan dari Wonder Mail.  Hal kedua yaitu, persentase mendapatkan pokemon, beberapa pokemon memiliki  persentase 99.9% untuk me-rekrutnya.  Tapi kebanyakan dari pokemon memiliki 10.0 % untuk merekrutnya.  Akan tetapi, ada tiga hal yang dapat memperbaiki persentase rekrut seekor pokemon,  yaitu, Ranking Rescue Team (ditentukan dengan berapa banyak jumlah Rescue Points), lalu level leader dari Rescue Team dan diequip atau tidaknya Friend Bow pada Leader.  Apabila Level Rescue Team-mu Lucario Rank, Leader mengenakan Friend Bow dan Levelnya diatas 90, maka persentase akan naik 34% dari persentase dasarnya.
Ranking Rescue Team didasarkan pada berapa banyak Rescue Points yang dimiliki.  Berikut adalah daftar dari Rescue Rank yang dapat disandang:

– Normal Rank : 0~49 Points
– Bronze Rank : 50~499 Points
– Silver Rank : 500~1499 Points
– Gold Rank : 1499~2999 Points
– Platinum Rank: 2999~7499 Points
– Diamond Rank: 7500~14999 Points
– Lucario Rank: 15000~99999 Points

Ada dua hal lagi yang perlu diketahui.
Pertama yaitu IQ dan kedua Linking Moves. Mereka akan dijelaskan di sini.

IQ, semua pokemon di game ini memiliki tingkatan IQ.  Pokemon akan menambah IQ-nya seiring dengan dia memakan Gummi.  Ada 17 tipe Gummi dalam game ini.  Masing-masing pokemon menyukai salah satu atau dua dari 17 tipe Gummi ini.  IQ digunakan sebagai taktik dalam bertarung di dungeon, misal saja IQ-Move “Trap Avoider” dapat menjadikan Pokemon yang kenal dengan IQ-Move ini menghindari Trap yang ada di Dungeon.  Beberapa pokemon juga berubah seiring IQ-nya bertambah (Evolusi akan dijelaskan nanti).

Hal kedua yang akan dijelaskan adalah Linking Moves.  Yaitu adalah penyambungan 2 move dari 1 pokemon menjadi 1 move yang berhubungan. Cara menggabungkan move dapat dilakukan dengan item Link Box atau pergi ke Gulpin’s Shop.

Apabila dua move sudah disambungkan, PP kedua Move itu akan bergabung menjadi satu dan salah satu PP dari 2 move tersebut muncul sebagai PP Dominan yang ada pada Linking Moves.  Dua Move ini akan beraksi sebagai 1move yang akan bergerakApabila dua move sudah disambungkan, PP kedua Move itu akan bergabung menjadi satu dan salah satu PP dari 2 move tersebut muncul sebagai PP Dominan yang ada pada Linking Moves.  Dua Move ini akan beraksi sebagai 1 move yang akan bergerak bersamaan.  Beberapa Move tidak dapat disambungkan oleh gamer.  Apabila gamer ingin mempelajari Move baru dan ingin melupakan move yang telah di-link, maka 2 move yang telah di link akan dilupakan sekaligus.  Maka dari itu sebelum ‘forget’ move yang ingin dilupaka, Delink dulu sebelumnya. 4 Move juga dapat digabungkan menjadi move tunggal.  Gulpin dapat juga mengajarkan pokemon untuk mengingat move yang pernah dilupakkannya (tentunya dengan bayaran, namanya juga shop).

Game ini akan hadir dalam bentuk 3D penuh, sehingga game ini nantinya akan menjadi game Pokèmon pertama yang menggunakan sistem 3D.

Sumber: kotaku, pokebeach, jin115

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya