Pesona 1000 Patung di Kuil Sanjusangendo

Kuil Sanjusangendo berada di Kyoto Timur  yang memiliki nama resmi Rengeo-in, atau Hall of the Lotus King. Namun karena bangunan utama di kuil ini memiliki desain yang memanjang, akhirnya Rengeo-in pun lebih populer sebagai Sanjusangendo. Kata tersebut merujuk pada jumlah ruang diantara tiang yang berdiri di sekeliling bangunan kuil, yaitu berjumlah 33 buah, karena secara literal Sanjusangendo memang dapat diterjemahkan sebagai hall sepanjang 33 (sanjusan=33).

sanjusangendo_4

Desain ini terbilang unik, karena jarang sekali ada hall utama sebuah kuil yang memiliki bentuk yang sangat memanjang (panjangnya mencapai 120 meter). Hall utama ini pun tercatat sebagai bangunan dengan struktur kayu terpanjang di Jepang.

Dari segi sejarah, kuil ini termasuk salah satu kuil yang telah melewati usia ratusan tahun. Sejarah Sanjusangendo dipercaya sudah dimulai sejak tahun 1164. Konon Taira no Kiyomori membangun kuil ini atas perintah Kaisar Go-Shirakawa.

sanjusangendo_5

Namun kemudian kuil ini terbakar pada tahun 1249, dan hanya hall utama-nya saja yang kemudian dibangun ulang. Sejak saat itu, struktur kuil ini tidak begitu banyak mengalami perubahan hingga saat ini, dan kini Sanjusangendo pun diakui sebagai National Treasure of Japan.

Kuil ini pun dipercaya menjadi saksi bisu pertempuran antara samurai legendaris Miyamoto Musashi dan Yoshioka Denshichiro yang terjadi pada tahun 1604, sehingga cukup menarik minat para penggemar Musashi untuk berkunjung ke kuil ini.

Sebagai informasi awal, Sanjusangendo ini dipersembahkan untuk memuja Sahasrabhuja-arya-avalokitesvara, atau nama lainnya adalah Kannon bertangan seribu yang dipuja sebagai Dewi Welas Asih. Dan percaya atau tidak, Anda betul-betul dapat melihat patung Kannon tersebut di hall utama ini. Jumlahnya tak hanya 1, namun 1000 buah! Jadi saat Anda memasuki hall utama, Anda akan melihat 500 patung Kannon di sisi kanan dan 500 patung lainnya di sisi kiri.

sanjusangendo_1

500 patung Kannon tersebut disusun dalam 10 tingkat (masing-masing tingkat terdiri dari 50 patung), dan seluruhnya dibuat seukuran manusia (bukan miniatur) dan dibuat dalam posisi berdiri. Tak heran jika hall utama ini begitu menarik, karena menyaksikan deretan 1000 patung berukuran skala manusia tentu saja merupakan sebuah pemandangan yang menakjubkan.

Terlebih karena dari total 1000 patung Kannon tersebut, sebanyak 124 buah berasal dari abad ke-12 dan sisanya berasal dari abad ke-13. Seluruhnya telah diakui sebagai Important Cultural Properties. Dan yang lebih menakjubkan lagi, karena di bagian tengah hall utama ini terdapat sebuah patung Kannon berukuran 11 kaki yang berada dalam posisi duduk. Patung ini terbuat dari Japanese cypress, dan juga telah diakui sebagai National Treasure.

sanjusangendo_6

Selesai melihat-lihat hall utama, saatnya mengelilingi seluruh area kuil. Di bagian luar hall utama terdapat sebuah temizuya, yaitu tempat untuk membersihkan diri sebelum memasuki area hall utama. Kemudian kuil ini juga memiliki sebuah taman yang tertata indah, dengan danau yang dipenuhi dengan bermacam tanaman di sekelilingnya.

sanjusangendo_2

Sebagai penutup, Sanjusangendo ini terkenal akan perayaan Toshiya Festival. Toshiya Festival merupakan perlombaan memanah khas Jepang, dan acara tersebut sudah lebih dari 400 tahun diselenggarakan di Sanjusangendo, tepatnya saat dilakukannya demonstrasi Kyudo (panahan khas Jepang) oleh para samurai pada tahun 1606.

sanjusangendo_3

Bagi yang tertarik melihat event yang sudah berusia ratusan tahun ini, datanglah berkunjung pada hari Minggu kedua di bulan Januari. Pada saat itu kuil ini akan menampilkan berbagai jenis perlombaan memanah, mulai dari panahan klasik hingga modern, dan menarik sekali untuk disaksikan.

Sanjusangendo Temple
Alamat : 657 Sanjusangen-do, Mawari-cho, Kyoto
Telp : 075-525-0033
Jam operasional :
-08.00-17.00 (April-pertengahan November);
-09.00-16.00 (pertengahan November-Maret). Penjualan tiket terakhir 30 menit sebelum tutup.
Harga tiket : ¥600*
Akses :
– 20 menit jalan kaki dari Stasiun Kyoto.
– 5 menit jalan kaki dari Stasiun Shichijo (Keihan Line).
– naik bus no 100, 206, atau 208; turun di halte bus Sanjusangen-do-mae.

sanjusangendo_map

Berikut ini beberapa komentar dari tripadvisor yang berkunjung ke Sanjusangendo:

  • Csuzuki–>> Hanya berjalan 15 menit dari Stasiun Kyoto. Saya datang di pagi hari, namun orang-orang sudah cukup ramai. Kalian akan dapat menikmati keindahaan Kyoto disini.
  • Ryokutyakoiaji1234–>>

    Kalian akan sangat terkesan dengan bangunan yang merupakan kekuatan budaya masyarakat di zaman dahulu. Ini semua tentang ukuran skala, yang begitu tepat di zaman dahulu.

  • Momons–>> Tiket masuk hanya 600 yen, dan saya rasa ini wajar.  Begitu masuk ke hall utama, Anda akan melihat 1000 kannon. Dikatakan panjang hall 120meter, tapi saya rasa lebih.

Mau ke tempat-tempat ini teman-teman?
Biar lebih hemat, pakai JR PASS  yhaaa…. (^-^)

jual_jr_pass

Daftar Harga JR Pass

Japan Rail Pass
Type
Ordinary
Green Car
Duration
Dewasa
Anak
Dewasa
Anak
7 consecutive days
29,110 yen
14,550 yen
38,880 yen
19,440 yen
14 consecutive days
46,390 yen
23,190 yen
62,950 yen
31,470 yen
21 consecutive days
59,350 yen
29,670 yen
81,870 yen
40,930 yen

 

Yang paling istimewa adalah, JR Pass ini khusus untuk WNA Jepang, alias orang Jepang sendiri tidak menggunakan fasilitas ini. Dan yang terpenting adalah, kalian harus ingat untuk menunjukkan fotokopi PASSPORT ASLI yang sudah mendapatkan visa dengan status “temporary visitor” saat membeli JR PASS.  Tunggu apalagi? buat kalian yang sudah punya rencana ke Jepang, beli JR Pass sekarang juga.

 

JR Pass bisa didapatkan di:

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) JAKARTA OFFICE TEL 021-29426820

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) BALI OFFICE TEL 0361-758027  FAX 0361-757429

EMAIL: [email protected]

Jika kalian ingin memesan secara langsung melalui telphone mohon untuk mengatakan mendapat informasi dari  jualjrpass.com ataupun melalui j-cul.com

 

 

Jual Jr pass

 

Jual Jr pass Jual JR PASS website Kalian tidak perlu capek-capek datang ke kantornya, karena JR Pass bisa dipesan lewat telepon dan akan dikirim ke alamat kalian.  Ayo buruan tunggu apa lagi!

Ada diantara kalian yang sudah datang ke tempat ini??? di share yhaa pengalamannya…….indahnya berbagi  :* :* :*

 

Sumber: jalan2.com, tripadvisor

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya