Perusahaan Jepang Berencana Bangun Elevator ke Luar Angkasa

Siapa yang tidak ingin pergi ke luar angkasa? Terlebih lagi, dengan elevator. Sebuah perusahaan konstruksi raksasa Jepang bernama Obayashi mengungkapkan rencana mereka untuk membangun sebuah elevator yang bisa meraih sejauh 96,000 kilometer ke angkasa. Seperti yang dilaporkan Australian Broadcasting Corporation, Obayashi menyatakan bahwa elevator yang diharapkan bisa beroperasi penuh pada tahun 2030 itu akan bisa mentransportasikan manusia dan kargo ke angkasa dengan biaya yang jauh lebih rendah dari roket. Perjalanan tersebut akan memakan waktu sekitar tujuh hari dengan tujuan sebuah stasiun angkasa yang akan dibangun spesifik untuk ini.

obayashi1

 

Namun, Obayashi juga tahu bahwa membangun elevator ini bukan sebuah hal mudah, terutama karena beberapa material yang diperlukan belum tersedia pada hari ini. Menurut perusahaan ini, fantasi elevator angkasa akan bisa menjadi kenyataan karena perkembangan nanoteknologi karbon. “Kekuatan tariknya hampir seratus kali lebih besar daripada kabel baja sehingga membuat hal ini mungkin,” tutur Yoji Ishikawa, Manajer Riset dan Pengembangan Obayashi. “Sekarang kami belum bisa membuat kabelnya cukup panjang. Kami hanya bisa membuat nanotube sepanjang 3 sentimeter dan kami butuh lebih… kami rasa tahun 2030 nanti kami akan bisa melakukannya.”

obayashi3

Universitas-universitas di seluruh Jepang sedang bekerja menyelesaikan masalah ini dan setiap tahun mereka mengadakan kompetisi untuk berbagi dan belajar dari satu sama lain. Sebuah studi internasional pada 2012 menyimpulkan bahwa elevator angkasa adalah ide yang dapat diwujudkan namun hanya akan bisa diraih dengan kerjasama internasional. Obayashi kini tengah berusaha menciptakan kendaraan yang bisa membawa hingga 30 orang melalui elevator ini. Jika mereka berhasil, teknologi ini akan bisa mengubah perjalanan angkasa dan memiliki potensi mentransformasikan ekonomi global.

obayashi2

Menurut para ahli, elevator angkasa akan menjadi sinyal akhir dari roket berbasis Bumi yang sangat mahal dan berbahaya. Menggunakan roket untuk meluncurkan kargo ke angkasa menghabiskan dana sekitar $22.000 per kilogram. Untuk elevator angkasa, estimasinya hanyalah $200. Membangun elevator angkasa akan mengijinkan roket-roket kecil bisa diluncurkan dari stasiun-stasiun ruang angkasa sehingga tidak lagi memerlukan sejumlah besar bahan bakar untuk melawan gravitasi Bumi. Roket ini jugan akan menjadi pendongkrak besar bagi wisata angkasa.

 

 

Sumber: techlife.co.id

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya