Perempuan Jepang Memiliki Harapan Hidup Paling Tinggi

Dengan capaian ini, artinya harapan hidup perempuan Jepang mengalahkan Hong Kong yang sebelumnya memiliki harapan hidup paling tinggi. Menurut data Kementerian Kesehatan Jepang, bayi perempuan yang lahir di Jepang pada tahun 2013 dapat berharap hidup sampai usia 86,41. Angka harapan hidup ini naik dari 85,90 pada tahun 2011. Kala itu rata-rata usia harapan hidup lebih rendah karena pada 2011 terjadi bencana tsunami menyeret ribuan nyama. “Angka kematian naik di tahun 2011 karena bencana alam, tapi harapan hidup meningkat seiring dengan faktor-faktor lain yang muncul,” kata pejabat Kementerian Kesehatan Jepang.

 

4983893032_3c64b93935

Orang Jepang dikenal karena umur panjangnya. Hal ini antara lain karena pola makan yang sehat, gaya hidup yang aktif, dan sistem medis yang baik. “Secara umum, tingkat kesejahteraan yang tinggi memberikan kontribusi” ujar pejabat tersebut. Perempuan Jepang pada tahun 2011 kehilangan ‘gelarnya’ sebagai pemegang harapan hidup terpanjang untuk pertama kalinya dalam lebih dari 25 tahun. Sebab ‘gelar’ tersebut direbut oleh perempuan Hong Kong. Nah, pada tahun 2012, angka harapan hidup perempuan Hong Kong berada di posisi kedua dengan rentang hidup 86,30 tahun, diikuti oleh Spanyol, Prancis dan Switzerland.

 

women-in-traditional

Harapan hidup pria Jepang juga naik ke angka 79,94 tahun dari 79,44 di tahun 2011. Data ini menjadikan angka harapan hidup laki-laki Jepang menduduki posisi kelima. Di posisi teratas, bertengger Islandia dengan umur 80,8 tahun, kemudian Hong Kong di posisi kedua, Swedia posisi ketiga dan Israel posisi keempat.

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya