Peraturan Bersepeda di Jepang

Sebuah kelompok studi yang dibentuk oleh pemerintah kota Tokyo mencari solusi demi menurunkan jumlah kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda serta meningkatkan etika bersepeda.

Beberapa aturan bersepeda pun ditetapkan, diantaranya:

1. Sepeda pakai Plat Nomor

Kelompok yang terdiri dari para ahli di bidang keselamatan lalu lintas dan pendidikan, mengatakan bahwa plat nomor resmi (sama seperti yang dimiliki oleh mobil dan motor) akan membuat pengendara sepeda lebih bertanggung jawab dan mengurangi jumlah sepeda yang ditinggalkan.

plat nomerPlat nomor seperti barcode

Shigeru Morichi, profesor dari National Graduate Institute for Policy Studies yang juga memimpin kelompok studi tersebut, menegaskan bahwa pemerintah harus segera mengambil tindakan atau jumlah kecelakaan yang melibatkan sepeda akan terus meningkat.

2. Pengguna Sepeda di Lajur Kiri

Sebenarnya pada bulan Januari lalu aturan baru telah diberlakukan di Tokyo, yaitu pengendara sepeda harus selalu berada di sisi kiri jalan. Saat ini pemerintah juga sedang membahas pemberian warna pada jalur khusus sepeda.

jalur__sepeda

3. Tidak Boleh Berboncengan

Saat bersepeda jika kedapatan berboncengan bisa ditilang. Tapi khusus untuk anak kecil masih diperbolehkan dengan memberi tempat duduk dan helm khusus anak kecil.

sepeda_jepang

4. Dilarang Ugal-Ugalan

Jika pengguna sepeda ugal-ugalan dan ngebut maka akan ditilang ditempat dan dimasukkan ke penjara. Artikel lengkapnya bisa dilihat disini.

6uBr1KE

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya