Penampakan Hantu di Jepang

 

Masyarakat Jepang memiliki keyakinan bahwa di dalam tubuh kita terdapat jiwa atau roh yang mereka sebut  霊魂 (reikon). Ketika seseorang meninggal dunia, roh akan meninggalkan tubuhnya kemudian kembali ke alam baka dan menebus semua perbuatannya di sana. Ketika proses penebusan dosa di alam baka tersebut berakhir, mereka akan menjadi pelindung bagi keluarganya yang masih hidup dan kembali ke dunia setahun sekali pada bulan Agustus untuk menerima ucapan terima kasih dari keluarga yang telah mereka lindungi (peristiwa ini diperingati dengan festival Obon).

Namun, jika seseorang meninggal karena kecelakaan atau bunuh diri maka yang terjadi akan berbeda. Karena mereka dianggap meninggal dunia dengan menyalahi takdirnya, dan ketika meninggal mereka diselimuti oleh perasaan benci, cinta, atau rasa ingin membalas dendam, roh tersebut akan menjadi arwah yang dapat menghubungkan dirinya ke dunia nyata walaupun sudah meninggal.

 

Arwah tidak tenang atau hantu, dalam Bahasa Jepang disebut dengan beberapa istilah. Istilah yang paling umum untuk menyebut keduanya adalah Yurei atau Obake. Yurei adalah arwah yang hanya menghantui seseorang, sedangkan Obake adalah arwah yang menghantui suatu tempat atau wilayah. Yurei atau Obake ini akan bisa kembali kea lam baka setelah mereka menuntaskan perasaan dendam mereka atau diupacarai oleh keluarganya yang masih hidup.

 

 

Penampakan hantu Jepang biasanya digambarkan dengan hantu wanita yang memakai baju panjang putih, berambut panjang menutupi wajah dan kaki dan tangannya tidak terlihat. Namun, sebenarnya ada beberapa hantu lain yang diyakini ada oleh masyarakat Jepang, di antaranya, Ubume, hantu seorang ibu yang meninggal ketika melahirkan anaknya, hantu ini kembali ke dunia untuk menjaga anaknya dan selalu membawa permen di tangannya. Ada pula Funayurei, dahulu ia dipercaya meninggal ketika sedang berada di laut dan penampakannya berupa putrid duyung. Selain itu ada pula hantu samurai, yaitu para ksatria samurai yang meninggal pada masa perang Genpei, hantu jenis ini muncul dengan memperlihatkan kakinya.

 

Nah, itu dia tuh jenis-jenis hantu di Jepang, kalau mau liat penampakannya, bisa cek di foto-foto dan video di bawah ini:

 

 

Sumber : http://www2.plala.or.jp

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya