Pelajaran Kehidupan dari Anime Doraemon

Sekilas Tentang Doraemon

Doraemon adalah judul salah satu serial komik terpopuler di dunia. Diciptakan oleh Fujiko F Fujio sejak tahun 1969. Doraemon mengisahkan tentang seorang anak pemalas kelas 5 SD bernama Nobi Nobita yang didatangi sebuah robot kucing dari masa depan, tepatnya abad 22, bernama Doraemon. Ia dikirim untuk membantu Nobita mengatasi segala masalahnya agar tak terlibat kesulitan finansial di masa depan kehidupannya.

Pada bulan Maret 2008, Kementerian Luar Negeri Jepang menetapkan Doraemon sebagai “anime ambassador” dimaksudkan untuk membantu negara-negara lain agar lebih mengenal anime Jepang dan dapat memperkenalkan budaya Jepang lebih mendalam.

doraemon

Berikut ini adalah 10 pelajaran hidup dari anime Doraemon bersama Nobita, Shizuka, Suneo dan Giant:

1. Kerja Keras untuk Sebuah Tujuan

Di kehidupan nyata, kita tidak bisa melakukan sesuatu dengan mudahnya, kantong ajaib doraemon tidak pernah ada. Tidak akan ada alat sihir yang membuat semuanya mudah. Semua hal harus terencana dengan tujuan yang jelas. Jadi, harus bekerja keras untuk mencapai sebuah tujuan.

2. Kesabaran dan Kecerdasan

Doraemon digambarkan sangat sabar dan cerdas dalam menghadapi Nobita yang begitu pemalas dan juga cerewet. Walaupun dia tahu Nobita memiliki sifat buruk, namun Doraemon tidak pernah melihatnya dari sisi itu. Dalam kehidupan nyata, orang biasanya hanya melihat sisi buruk dari seseorang, cobalah bersifat seperti Doraemon maka hubungan yang erat akan selalu tercipta.

3. Jangan Memandang Seseorang dengan Sebelah Mata

Doraemon sebenarnya adalah sebuah produk gagal, diperlakukan sangat parah dan tidak seorang pun ingin mempekerjakan dia. Namun, oleh Sewaishi (cicit Nobita) dia diperkerjakan untuk sebuah misi yaitu untuk merubah kehidupan Nobita menjadi lebih baik yang kelak akan dirasakan oleh keturunannya di masa depan. Begitu besar misi Doraemon yang hanya berasal dari produk gagal.

4. Belajar dari hal yang Sangat Berharga dalam Kehidupan

Nobita memang sangat malas, cerewet, bodoh, sial, dan tidak pandai dalam pelajaran olahraga. Tapi dia memiliki bakat yang sangat unik yaitu mahir dalam bermain karet gelang sampai akhirnya di episode terakhir Doraemon, Nobita menjadi seorang ahli Robotika yang berhasil memperbaiki Doraemon.

5. Nyawa Menjadi taruhan, Demi Orang Yang Disayang

Meskipun Nobita digambarkan sebagai seorang yang pengecut, namun di beberapa episode nya, Nobita berani mempertaruhkan nyawa untuk membantu menyelamatkan hidup orang lain bahkan perdaban manusia demi kehidupan masa depan yang lebih baik.

6. Bertanggungjawab

Saat doraemon mengalami kerusakan, sedikit apapun, Nobita selalu berusaha untuk memperbaikinya. Walaupun dengan jalan menghubungi Dorami (adik Doraemon). Di episode terakhir Doraemon, dia mengalami kerusakan yang sangat parah. Nobita pun berusaha bekerja keras untuk menjadi pintar ahli robotika dalam bertanggung jawab memperbaiki doraemon.

7. Lakukan Yang Terbaik Hari Ini

Kita tidak bisa merubah masa lalu, memperkai hal yang telah kita lakukan. Kita hanya bisa mengambil pelajaran dari kesalahan yang telah kita lakukan dan merubah dan memeprbaikinya di masa depan. Seperti apa yang telah dilakukan Nobita. Dia memperbaiki Doraemon untuk masa kedepannya, sehingga pada akhirnya polisi waktu melarang orang dari masa depan masuk ke zaman sekarang. Jadi, lakukanlah apa yg terbaik saat ini.

8. Jangan berusaha untuk menjadi lebih baik daripada yang lain tapi berusahalah untuk menjadi lebih baik dari diri sendiri

Setelah perayaan ulang tahunnya, Giant merenungkan dirinya sendiri kenapa dia tidak sepopuler teman-temannya. Akhirnya, Doraemon menyadarkannya bahwa dia memiliki sifat yang nakal dan sok jagoan. Giant menyadarinya dan berjanji akan merubah sikapnya itu dan menjadi lebih baik dari dirinya sekarang.

9. Jangan Menggangap Sebuah Kehidupan Terlalu Serius atau Kalian Akan Terjebak di Dalamnya. 

Karakter Suneo digambarkan sebagai pribadi yang paling pendek di kelasnya. Tapi Suneo tidak mau terjebak dalam situasi ini. Walaupun dia sering diejek tapi dia mampu menunjukkan yang terbaik, karena hal terbaik akan keluar saat kita bisa menghadapinya dengan santai.

10. Visi Misi Hidup Yang Jelas

Sukses bukanlah sebuah tujuan, tapi sebuah proses dalam perjalanan. Dalam hal ini Doraemon berhasil menyelesaikan visinya yaitu memperbaiki kehidupan Nobita, dimana Nobita akhirnya menikah dengan Shizuka dan memiliki seorang anak.

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya