Parkir Sepeda Bawah Tanah di Jepang

Jepang memiliki solusi praktis bagi para pesepeda dimana mereka bisa memarkir kendaraannya dengan aman. Tak hanya itu, tempat parkir ini pun tidak mengganggu lalu lintas umum karena diletakkan di bawah tanah.

Teknologi yang disebut Eco Cycle ini ‘menanam’ sepeda di kedalaman 11 meter dari permukaan tanah. Pertama-tama, sepeda ini ‘diparkirkan’ ke dalam sebuah mesin. Tak lama kemudian, dengan sistem robotik, mesin tersebut ‘memarkirkan’ sepeda ini ke ruangan bawah tanah. Setiap unit mesin mampu menampung sekitar 200 unit sepeda.

Penasaran bagaimana cara kerja mesin parkir bawah tanah ini? Simak selengkapnya dalam video berikut ini. 

Cara kerjanya:

sepeda_2

sepeda_3

sepeda_4

Pertama kita harus menjadi member dengan mendaftarkan diri ,biaya khusus pelajar berkisar 1300 yen dan non pelalajar 1800 yen. Setiap sepeda  di lengkapi chip yang memuat data-data pemiliknya sehingga sepeda tidak akan tertukar .

Setelah kita mendapatkan ID Card  maka kita akan mencoba menuju satu shelter Eco Cycle dan kita tinggal menjepit roda depan di sebuah “pintu” dan kemudian kita tekan tombol hijau maka sepeda kita akan segera masuk dengan otomatis kedalam sistem Eco Cycle. Sebuah mesin dengan sistem ini mampu menampung hingga 200 sepeda.

Lalu bagaimana mengambil kembali sepeda kita yang ada di tempat parkir tersebut  ?
Kita tinggal menempelkan ID Card yang kita dapat saat mendaftar ke sebuah sensor di  shelter Eco Cycle , dimana kita memasukan sepeda kita dan kemudian kita akan mendapatkan kembali sepeda kita .

Foto Cara Parkir di Eco Cyle:

sepeda_5

sepeda_1

 

sepeda_6

sepeda_1_a

sepeda_1_b
Cara Mengeluarkan Sepeda:

sepeda_7 sepeda_8 sepeda_9

 

Mudah bukan? Pertanyaannya, apakah ini bisa diterapkan di Indonesia?

 

Sumber: dannychoo.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya