Para Lady Yakuza

 

Secara formal, sebuah kelompok gang yakuza tidak menerima wanita sebagai anggota mereka. Yakuza menganggap bahwa wanita adalah mahluk lemah, yang lahir bukan untuk menjadi seorang petarung melainkan sebagi seorang pendamping bagi suami mereka dan menjadi seorang ibu. Yakuza merupakan salah satu kelompok yang menganut system patriarki secara natural, atau dengan kata lain, hanya terdiri pria. Wanita yang hidup dalam kelompok ini hanyalah bagian integral dari kehidupan gang Yakuza.

Para wanita-wanita yang hidup dalam gang Yakuza terdiri dari para istri, wanita-wanita simpanan, pacar, atau anak dari para petinggi Yakuza. Para wanita tersebut sebagian besar juga memiliki tattoo yang sama dengan para anggota Yakuza sebagai bentuk kesetiaan mereka dan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka adalah salah satu bagian dari Yakuza.

Dalam satu gang Yakuza, hanya ada 1 wanita yang “dianggap ada” atau dihormati oleh para anggota gang, yaitu istri dari pemimpin gang. Para anggota gang memanggil istri dari pemimpin mereka dengan panggilan “Ane-san” yang berarti kakak perempuan. Rasa hormat yang ditunjukkan para anggota gang terhadap Ane-san sama rasa hormat yang merka tunjukkan kepada pemimpin mereka. Walaupun dihormati oleh anggota gang, istri pemimpin ini tidak memiliki hak untuk mencampuri urusan bisnis suaminya, dan tetap bukan sebagai anggota dari gang Yakuza.

Kalo kalian pengen tau lebih dalam lagi tentang kehidupan para wanita di dalam gang Yakuza, bisa baca novel Yakuza Moon karya penulis wanita Shoko Tendo yang merupakan anak seorang pemimpin Yakuza. Novel ini diangkat dari pengalaman pribadinya menjalani kehidupan sebagai seorang anak dari pemimpin gang Yakuza. Bisa jug baca blog http://blogs.yahoo.co.jp/miumiu6363jp/235052.html (dalam bahasa Jepang) yang berisi tentang pengalaman seorang mantan istri simpanan pemimpin Yakuza. Kalau pengen nonton filmnya, tonton ajja film Hibotan bakuto (Lady Yakuza) (Red Peony Gambler) . Film jadul yang dibuat pada tahun 1968 ini juga menceritakan tentang kehidupan seorang gadis yang merupakan anak dari pemimpin gang Yakuza.

Novel Yakuza Moon

 


Sumber: www.guardian.co.uk

Artikel lainnya

Facebook

© 2014 Budaya Jepang – Japan Pop Culture

Creative Commons License