Para Mangaka Jepang Yang Memberikan Perubahan Pada Dunia Manga

1. Tezuka Osamu
mangaka 1
Nama : Tezuka Osamu
Lahir : Toyonaka Osaka, 3 November 1928
Meninggal : Tokyo, 9 Februari 1989 (60 tahun)
Karya : Astro Boy, Kimba the White Lion, Phoenix, Black Jack, Spouse Etsuko OkadaTezuka sering disebut sebagai “bapak manga” berkat karyanya yang sangat banyak. Dia dianggap sebagai seorang pionir dalam teknik dan genre-genre manga. Gaya “mata besar” yang sering ditemukan dalam tokoh-tokoh manga adalah hasil ciptaan Tezuka, yang mendasarkannya pada kartun-kartun pada masa itu, seperti Betty Boop dan Miki Tikus. Mengawali karier sebagai seorang dokter, Tezuka kemudian beralih menggambar manga. Sepanjang kariernya, Tezuka telah menghasilkan lebih dari 700 manga dalam sekitar 170.000 halaman. Manga tidak akan menjadi seperti sekarang jika Tezuka sensei tidak meletakkan dasar yang kuat, bagaimana perbedaan gaya manga dengan komik lainnya hanya sebagai contoh dari banyak sejarah yang diukirnya. Tanpa Tetsuwan Atom yang merupakan masterpiecenya.

2. Toriyama Akira

mangaka 2

Nama :Akira Toriyama
Lahir : Kiyoshu Aichi, 5 Agustus 1955
Karya : Dragon Ball, Dr. Slump
Dia adalah salah satu mangaka legendaris di Jepang dan bahkan dunia. Ia banyak menelurkan karya-karya hebat, di antaranya Dragon Ball, Fox Tale, dan Blue Dragon. Ia juga pernah membuat karakter untuk permainan video yang kemudian diangkat juga ke dalam manga dan anime, yaitu Dragon Quest. Merupakan peletak dasar formulasi manga shonen yang kini banyak dianut mangaka shonen modern dengan karya yang begitu mendunia. Toriyama sensei jelas menjadi pendobrak di dunia manga, dimana ia menjadi peletak dasar yang paling jelas dan pembeda genre shonen dengan genre lainnya. Terlepas dari begitu luar biasanya manga dragon ball yang beliau ciptakan mendapat apresiasi dunia. Formulasi tokoh, tema cerita, plot, dan lain-lain yang beliau gunakan dalam tiap karyanya banyak menginspirasi mangaka selanjutnya.

3. Fujiko F Fujio

mangaka3
Nama : Hiroshi Fujimoto
Lahir : Takaoka, 1 Desember 1933
Meninggal : 23 September 1996
Karya : Doraemon, P-man, 21emon, Mojacko, Ume Boshi Denkai, Kiteretsu Daihayakka, Hitoribocchi no Uchu Senso, Bakeru-kun, Esper Mami, TP Bon, Chimpui
Tidak ada anak Indonesia pada tahun 90-an yang tidak mengenal doraemon. Jika ada televisi di rumah mereka. Itulah hebatnya Fujio sensei, di tangannya manga tidak sekedar manga, bisa menjadi media edukatif, media penerangan, bahkan sebuah karya mediamix. Manga-anime-movie dan seterusnya sesuai perkembangan jaman. Selain itu. doraemon menjadi begitu mendunia, bahkan bisa dikatakan icon atau duta negara Jepang sendiri, saking seringnya mewakilinya di setiap kesempatan.

4. Oda Eiichiro

mangaka4
Nama : Oda Eiichiro
Lahir : Kumamoto, 1 Januari 1975
Karya : One Piece

Tidak diragukan, berkat kesuksesan ketiga orang sebelumnya, muncullah Oda sensei dengan One Piece-nya. Tidak terlalu muluk rasanya jika dikatakan Oda sensei merupakan gabungan dari ketiga tokoh sebelumnya, dimana ia adalah hasil dari prestasi ketiganya. Ia lahir disaat dunia manga benar-benar sudah matang (Tezuka-sensei). Ia hadir ketika masyarakat dunia sudah sangat siap menerima manga (Fujiko-sensei). Dan beliau hadir dengan formulasi manga shonen mainstream yang sudah kuat (Toriyama-sensei). Hasilnya? Manga One Piece dengan gelar manga tersukses dengan penjualan terbanyak sepanjang sejarah Jepang adalah buktinya.

5. Inoue Takehiko
mangaka5
Nama : Takehiko Inoue
Lahir : Okuchi Kagoshima, 12 Januari 1967
Karya : Slamdunk, Vagabond, Real
Berbicara tentang Inoue sensei, maka berbicara tentang bagaimana manga berpengaruh pada perubahan sosial. Dahulu publik Jepang tidak terlalu mengenal olahraga basket, hingga akhirnya muncul manga Slamdunk yang membawa perubahan besar terhadap manga sport yang mainstream-nya hanya seputar baseball dan sedikit sepakbola. Karyanya vagabond yang mengangkat tokoh terkenal Musashi, dan real yang mengangkat realitas penyandang cacat adalah bukti kehebatan mangaka yang bisa dianggap maestro manga realis ini, baik dari segi penggambaran maupun cerita. Banyak dari karya-karyanya adalah tentang basket, Inoue dirinya menjadi penggemar berat olahraga,. Hal ini pada gilirannya membantu membuat basket populer di Jepang dan di seluruh Asia Timur. Inoue telah menggambar manga terutama dalam majalah berorientasi laki-laki. Namanya dipesan sebagai Takehiko Inoue pada buku-bukunya dijual di Amerika Utara melalui Viz Media (Vagabond, Slam Dunk, dan Real), meskipun Gutsoon! sebelumnya Slam Dunk terjemahan Entertainment di Amerika Utara menggunakan Inoue Takehiko.

6. Mizuki Shigeru

mangaka6
Nama : Mizuki Shigeru
Lahir : Sakaiminato Tottori, 8 Maret 1922
Karya : Gegege no Kitaro
Shigeru Mizuki adalah manga kartunis Jepang, paling dikenal untuk nya horor Jepang manga GeGeGe no Kitaro (yang awalnya berjudul “Hakaba Kitaro”). Seorang spesialis dalam cerita yōkai, dia dianggap sebagai master genre horor. Ia juga dikenal karena karyanya Perang Dunia II memoar dan karyanya sebagai penulis biografi.
Penulis yang pernah terjun di Perang Dunia ke-2 ini memiliki andil besar dalam dunia manga. Peletak dasar manga genre horor di Jepang, bahkan menyebutnya sebagai seorang maestro di genre tersebut.

7. Akatsuka Fujio

mangaka7
Nama : Fujio Akatsuka
Lahir : Luanping Rehe Manchukuo, 14 September 1935
Meninggal : Tokyo, 2 Agustus 2008
Karya : Tensai Bakabon, Osomatsu-kun
Fujio Akatsuka adalah mangaka Jepang yang karyanya banyak bertemakan humor. Lahir di Manchuria, dia lalu pindah ke Jepang setelah berakhirnya Perang Dunia II. Akatsuka kemudian bekerja di sebuah pabrik kimia, namun beralih ke membuat komik karena tidak suka dengan pekerjaannya di pabrik tersebut. Dia berawal dengan mengarang manga shojo sebelum kemudian mulai mengarang komik-komik humor. Akatsuka kini merupakan salah satu mangaka yang paling terkenal berkat karyanya yang humoris dan tokoh-tokoh ciptaannya yang anti-heroik. Pada 2 Agustus 2008, Fujio Akatsuka meninggal pada usia 72 tahun akibat pneumonia. Jika sekarang kita banyak menikmati gag manga, ada baiknya jika kita patut berterima kasih pada tokoh satu ini. Karyanya banyak yang merupakan gag manga seperti yang paling dikenal di Indonesia yakni Bakabon, hingga beliau dijuluki Raja Manga Gag. Prestasi lainnya adalah ketika beliau memperkenalkan manga yang tidak hanya dapat dinikmati dari sisi visual, dengan menggambar manga dengan braille untuk tuna netra.

8. Hasegawa Machiko

mangaka8
Nama : Machiko Hasegawa
Lahir : 30 Januari 1920
Meninggal : 27 Mei 1992 (72 tahun)
Karya : Sazae-san
 Machiko Hasegawa adalah salah satu yang pertama seniman manga perempuan. Dia mulai komik sendiri, Sazae-san, pada tahun 1946. Di tahun 1946 dimana hampir semua yang berkecimpung di dunia manga adalah laki-laki, beliau hadir dengan manga Sazae-san, sebuah manga perempuan yang dikarang oleh mangaka perempuan yang sangat sedkit sekali di zamannya. Ini mencapai sirkulasi nasional melalui Asahi Shimbun pada tahun 1949 dan Hasegawa memutuskan untuk pensiun pada bulan Februari 1974. Semua komik nya dicetak di Jepang dalam tulisan komik, pada pertengahan 1990-an, real Hasegawa telah menjual lebih dari 60 juta kopi di Jepang saja. Komik strip-nya berubah menjadi serial radio dramatis pada tahun 1955 dan serial animasi mingguan pada tahun 1969, yang masih berjalan sampai 2013. Komik ini terpilih untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, dengan judul Wonderful World of Sazae-san. Ia menerima Penghargaan Kehormatan Rakyat pada tahun 1992

9.  Miyazaki Hayao 

mangaka 9
Lahir : 5 Januari 1941 (umur 72) Bunkyō, Tokyo, Japan
Pekerjaan: Film director, animator, screenwriter, manga artist
Tahun aktif  :1963–present
Dipengaruhi oleh :Nick Park, Peter Lord, Osamu Tezuka, Chuck Jones, Fleischer Brothers, Paul Grimault, Nikolay Petrovich Fyodorov, Akira Kurosawa, Lev Atamanov, Jean Giraud
Hayao Miyazaki adalah seorang sutradara film animasi dan mangaka asal Jepang. Ia adalah salah seorang pendiri studio animasi Studio Ghibli. Antara film-film animasi tersukses Miyazaki adalah Princess Mononoke (1999 – yang melambungkan namanya di dunia Barat) dan Spirited Away (2001 – film tersukses di Jepang dalam sejarah). Film-film karyanya banyak menggunakan tema hubungan manusia dengan alam dan teknologi, serta sulitnya menjaga etika perdamaian. Protagonis dalam film-filmnya seringkali adalah perempuan atau wanita muda yang berpendirian kuat dan mandiri, umumnya adalah tokoh yang ambigu dari sisi moral serta mempunyai sifat-sifat yang baik. Beberapa tokoh yang memiliki pengaruh pada karya Miyazaki termasuk Ursula K. Le Guin, Lewis Carroll, Diana Wynne Jones dan Jean Giraud (Moebius). Tidak ada penggemar anime yang tidak kenal studio Ghibli, sebagai sebuah studio anime yang paling prestisius di Jepang dengan sejumlah karya yang mengagumkan. Miyazaki sensei adalah tokoh dibalik studio tersebut. Meski mangaka merupakan profesi awalnya sebelum terjun sepenuhnya di Ghibli, tapi jasanya sebagai seorang mangaka yang juga menjadi maestro anime Jepang tentu tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

10. Akimoto Osamu

mangaka 10
Nama : Akimoto Osamu
Lahir : Katsushika Tokyo, 11 Desember 1952
Karya : Kochira Katsushika-ku Kameari Koen-mae Hashutsujo
 Osamu Akimoto seorang seniman manga Jepang yang lahir di Jepang. Ia paling dikenal dalam Seri Kochira Katsushika-ku Kameari Kōen-mae Hashutsujo, yang terus menerus diterbitkan dalam Weekly Shonen Jump sejak 1976. Lebih dari 1600 bab, itu adalah seri manga terpanjang dalam sejarah, dan sebagai volume dari seri 182 telah terjual lebih dari 135 juta kopi. Ia memulai debutnya dengan Kochikame di bawah nama pena “Tatsuhiko Yamadome” pada tahun 1976. Dia mengubah namanya menjadi Osamu Akimoto pada tahun 1978 setelah Kochikame mencapai manga episode 100. Di Indonesia sendiri animenya pernah tayang meski hanya sebentar. Tapi jangan salah, manga ini memegang rekor serial manga. Rekor yang sangat sulit untuk disaingi ini membuktikan bahwa sebuah manga bisa terus disukai, sementara bagaimana membuat manga menjadi terus populer dan dinikmati tentu pekerjaan yang sangat sulit. Orang dibalik kesuksesan itu jelas bukan mangaka sembarangan.

Sumber : japanese.lingualift.com

  1. dou_ahou
    4 tahun yang lalu

    Tambahin 1 donk…Naoki Urasawa sensei, salah satu mangaka jenius menurut saya…

    Reply
  2. yume
    4 tahun yang lalu

    wah…keren ya! gak sangka….
    oh ya…. mika kawamura juga keren lo..

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya