Pameran Manga Bertajuk Kesadaran Hak Asasi Manusia

Dalam sejarahnya, komik atau manga sering digunakan sebagai sindirian sosial atau media untuk menumbuhkan kesadaran isu sosial. Nah, dalam pameran yang diadakan di Tokyo Metropolitan Human Rights Promotion Center, manga digunakan untuk memancing pengunjung berpikir mengenai HAM.

Orang-orang biasanya jarang berpikir lebih dalam mengenai HAM ataupun isu kemanusiaan. Menurut Ayumi Tamura, manga adalah media yang tepat untuk menumbuhkan minat terhadap HAM karena sering dibaca.

Dalam pameran ini terdapat sekitar 50 judul manga yang ditampilkan. Masing-masing membawa tema kemanusiaan yang relevan dengan situasi kekinian. Contohnya “New York, New York” yang mengisahkan pasangan gay di Inggris yang mengalami diskriminasi, “Mori no Asagao” menceritakan percakapan sipir penjara dengan terdakwa hukuman mati, dan “With the Light” yang menceritakan keluarga yang memiliki anak pengidap autisme dan perjuangan mereka berkomunikasi dengan anaknya.

Pameran manga ini dikunjungi banyak orang dari berbagai umur dan mendapat sambutan yang sangat positif. Mneurut Kazuma Yoshimura, seorang professor dari Universitas Kyoto Seika, pameran manga ini menunjukkan kekuatan manga sebagai sebuah media yang sangat tepat untuk memancing masyarakat umum berpikir mengenai isu HAM di dunia.

Pameran manga bertajuk HAM ini akan diadakan hingga 26 Juli 2015. Bagi yang berencana berjalan-jalan ke Jepang dalam waktu dekat, tidak ada salahnya mengunjungi pameran ini. Tidak usah khawatir soal biaya; pameran ini gratis!

Sumber: The Japan Times

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya