Oshin, Kembali Tayang di NHK

Mengulang kesuksesan drama Jepang, Oshin yang populer pada tahun 1980-an, rencananya, NHK akan menayangkan kembali drama ini di saluran BS Premium mulai 6 Januari mendatang.

headlineSebelum ditayangkan ulang, NHK World Premium terlebih dulu menayangkan kilasan beberapa episodenya yang berdurasi 1 jam 30 menit mulai 2 sampai 5 Januari pada pukul 17.30 sampai 19.00 WIB.

kobayashi_ayako_oshinDrama TV Oshin, menceritakan semangat perjuangan perempuan Jepang bernama Shin Tanokura (Oshin) mulai dari kecil hingga dewasa dengan latar belakang situasi Jepang sebelum perang sampai pada awal 1980-an. Drama ini diadaptasi dari kisah hidup Kazuo Wada, pendiri Yaohan, perusahaan pengelola supermarket di Jepang yang sukses pada awal 1990-an.

Oshin-banner

Oshin pertama kali ditayangkan NHK pada 4 April 1983 sampai 31 Maret 1984 dan meraih sukses besar di 59 negara termasuk Indonesia. Di Indonesia, Oshin ditayangkan TVRI mulai November 1986 dan menjadi tontonan favorit setiap keluarga. Drama yang tayang setiap pukul 17.30 WIB, ini mampu mendekatkan anggota keluarga untuk duduk dan menonton bersama. Hal ini juga sebagai bukti drama Jepang diterima baik masyarakat Indonesia. Bahkan saat itu Oshin menjadi inspirasi bagi perempuan tidak hanya di Indonesia, namun juga di negara lain. Drama ini, kemudian ditayangkan ulang TPI pada Agustus 1992, MetroTV pada Desember 2004 dan tayang kembali di TVRI pada Januari 2009.

oshin

Oshin turut berperan memperkenalkan  budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang ke mata dunia. Selain itu, melalui sosok Oshin, juga ditampilkan sisi lain Negeri Matahari Terbit yang pernah menjajah Indonesia saat berlangsungnya Perang Dunia II, sehingga lebih dikenal memiliki karakter yang tabah, lembut, gigih dan pekerja keras.

20070730_Oshin05

Bagi yang merindukan kisah Oshin dan ingin bernostalgia kembali, kilasan drama ini dapat disaksikan melalui televisi berlangganan Indovision, FirstMedia maupun Telkomvision di NHK World Premium sampai 5 Januari. Namun sayangnya, NHK BS Premium yang menayangkan serial ini hanya tersedia di Jepang saja.

Sumber: halojepang.com

  1. Irfan
    5 tahun yang lalu

    pensaran w…. pengen nonton ._.

    Reply
  2. Radira
    5 tahun yang lalu

    dorama favorit mama saya nih.. dulu waktu kecil suka nonton bareng biarpun ga ngerti jalan ceritanya…
    akkh.. sekarang pengen nonton ulanggg….. T____T

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya