Online Shop. Bisnis Menjanjikan atau Perjudian?

urrl

 

Hai JCulers, kali ini J-Cul akan membahas tentang bisnis online. Kenapa bisnis online? Karena suka tidak suka saat ini remaja dan pemuda Indonesia sangat tergila-gila dengan bisnis online.

 

Ga usah jauh-jauh deh, di dunia cosplay sendiri biasanya para Cosplayer ada yang melengkapi proyek cosplay mereka dengan bantuan Online Shop dimana biasanya mereka membeli asesoris seperti wig, kostum, sepatu atau bahkan senjata pelengkap karakter cosplay.

 

Nah, melihat animo masyarakat yang suka belanja online, maka mulai bermunculanlah orang-orang yang membuka jasa online shop, tujuan mereka ada memfasilitasi calon pembeli yang ingin membeli sesuatu secara online tapi tidak/belum tahu cara yang tepat dan aman.

 

TAPI…..

 

Dari sekian banyak online shop yang bermunculan, manakah online shop yang terpercaya dan dijamin tidak akan mengecewakan pembelinya? hmm.. hal ini sangat susah JCulers. Belum lagi kalau ada apa-apa kita tidak bisa menuntut karena sampai sekarang belum ada hukum pasti yang menjerat pelaku penipuan online, mengapa? karena belanja online seperti pedang bermata dua dan seperti membeli kucing dalam karung.

 

Ambil contoh salah satu kasus yang terjadi, pihak yang bersangkutan telah memberi ijin untuk J-Cul mengangkat artikel ini menggunakan kasus yang dialaminya. Begini ceritanya:

 

Alit memesan pada salah satu online shop sebuah topeng dari Anime yang lagi naik daun Tokyo Ghoul dan dia memilih membeli dan mempercayakan barang beliannya disalah satu online shop yang memasang gambar seperti dibawah ini:

Foto barang yang digunakan online shop bersangkutan untuk promosi

 

Bagaimana? terlihat bagus kan? Online shop yang bersangkutan menggunakan foto dari salah satu website belanja online terkenal khususnya di kalangan cosplay. Tentunya hal ini membuat Alit lebih yakin untuk memesan meskipun harga yang ditawarkan agak mahal.

 

Namun apa yang terjadi? dengan melewati halang rintangan dan menunggu sangat lama dari waktu yang dijanjikan akhinya barang di terima oleh Alit dan setelah membuka isinya, ini yang didapat:

 

Barang yang dikirim dan sampai ke tangan pembeli

Barangnya berbeda sangat jauh dengan foto yang ditampilkan, kalau cuma dikit sih.. gapapa lah yaa, tapi ini sangat jauh dari harapan, dan tidak hanya itu saja, Admin dari online shop bersangkutan memberikan note seperti ini:

 

10628454_4654313611361_4496413065022405293_n

 

Di note tersebut tertulis bahwa online shop yang bersangkutan akan pensiun sementara (WTF!?). Bisa dibayangkan kan JCulers? setelah apa yang terjadi si online shop malah mau pensiun…

Kalau JCulers ingin tau kisah lengkapnya silahkan ke FB yang bersangkutan: https://www.facebook.com/alit.anggarani.apsari?fref=ts

 

Di atas adalah 1 dari banyak kasus online shop yang dapat terjadi kepada semua orang yang suka belanja online.

 

Nah.. melihat dari kasus diatas,

J-Cul akan mencoba berbagi tips mengenai Cara memilih onlineshop yang baik, Cara mulai membuka usaha Online Shop & Etika bisnis Online Shop:

 

Cara Memilih Online Shop

1. Lihat track record jualannya.

2. Lihat kapan mulai buka onlineshopnya.

3. Lihat testimoni pembeli yang sudah pernah belanja disana.

4. Kumpulkan informasi dari berbagai sumber mengenai layanan, kualitas barang dan lain-lainnya.

5. Jangan mudah dihasut, maksud dihasut disini adalah bisa saja sumber yang kamu mintain pendapat adalah saingan/musuh dari online shop tersebut. So.. bisa dipastikan kamu akan mendapat komentar yang jelek, kan? bandingkan komentar dari beberapa orang.

6. Lihat wajah/foto admin/pengurus onlineshop tersebut. Usahakan jangan belanja ke onlineshop yang bahkan enggan memperlihatkan wajah manisnya.

7. Coba dulu order yang  murah-murah, jangan kalap dan gelap mata.

8. Kalau udah dirasa ada hal yang aneh-aneh permintaan dari admin, mending di cancel daripada duit hangus.

9. Catat semua no hp, alamat, media social si admin. jaga-jaga sapa tau dia kabur/berulah.

 

Cara mulai membuka usaha Online Shop

Kalau dari kalian ada yang minat memulai membuka usaha Online Shop, bisa digunakan cara dibawah ini:

1. Produk Unik

(Usahakan produk yang kalian jual itu unik dan belom pernah/jarang dijual sebelumnya, pilihlah barang yang banyak peminatnya. Bagaimana cara menentukan barang yang banyak peminatnya? lakukan survey)

2. Lokasi

(Jika online shop kalian mulai berkembang pesat, ada baiknya kalian menggunakan kantor untuk memudahkan pembeli yang tempat tinggalnya dekat kalian mengunjungi kalian, yahh.. itung-itung bertamu hahahaha)

3. Nama Mudah Diingat

(Pilih nama online shop yang mudah diingat, misalnya –> Ulat Salto shop)

4. No Spamming

(Kalau  jualan di socmed terutama FB, jangan terlalu sering posting tentang jualan, apalagi tiap 1 menit sekali, itu malah akan mengganggu pengguna FB lainnya)

5. Promosi Tepat

(Gunakan tehnik promosi yang sesuai untuk produk jualan kamu)

6. Informasi Lengkap

(Berikan informasi yang paling lengkap mengenai barang jualan kamu)

7. Foto Kualitas Bagus

(Info lengkap, foto barang yang dijual pun kudu jelas, usahakan barang yang difoto dengan yang dikirim itu sama dan sebisa mungkin foto yang digunakan adalah hasil foto sendiri/testimoni dari pembeli)

8. Gunakan Model

(Penggunaan model yang tepat sebagai media promosi jualan kamu akan menambah jumlah orderan)

9. Buatlah Aturan

(Buatlah aturan tentang tata cara pembelian di onlineshop kamu)

10. Daftar Internet Banking

(Gunakan bank yang banyak digunakan pembeli/tergabung di ATM Bersama)

11. Pengiriman

(Sebisa mungkin tepat waktu. Kalaupun ga bisa tepat waktu, berikan alasan yang masuk akal dan jujur ke pembeli)

12. Plan B

(Siapkan rencana dan dana cadangan untuk segala kemungkinan terburuk, misalnya: barang hilang saat pengiriman, barang cacat saat sampai ditangan pembeli, tenggat waktu pengiriman barang lewat dll.)

 

Etika bisnis Online Shop

 1. Jujur

2. Ramah

3. Berjanji untuk ditepati

4. Adil

5. Peduli pada pelanggan

6. Responsif

7. Menghargai pesaing

8. HINDARI menjual barang yang dilarang dijual di Indonesia

9. Membayar pajak

10. Dedikasi tinggi

 

Nah JCulers.. gimana? tertarik untuk mencoba berbisnis online? hitung-hitung nambah uang jajan dan enggak ngerepotin ortu kan? hehe..

 

Jadilah Online Shop yang mendapat predikat sebagai:

 

 

Sumber:

http://www.chicmagz.com/read/2494/11-tip-sukses-online-shop

http://www.anneahira.com/etika-bisnis.htm

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya