Nendoroid Sakura Miku

Sahabat J-culers, kalian masih inget BAFLO kan? sebuah komunitas action figure dari bali (bali action figure lover). Sahabat BAFLO pernah mengirimkan artikel sebelumnya tentang action figure karen araragi .

Kali ini BAFLO juga mengirimkan artikelnya tentang si kawaii vocaloid Hatsune Miku dalam edisi musim semi 😀

Hatsune-Miku-Jcul

Hatsune Miku adalah visualisasi manusia pertama dari seri vocaloid 2 yang diproduksi oleh Crypton Future Media. Selain memiliki videogamenya sendiri, kini dia sudah menjadi icon dunia cyber hingga beberapa perusahaan ternama seperti Toyota & Domino menggunakannya untuk menarik pasar fans-fans dari vocaloid.

01

Karena kemunculannya yang bisa dikatakan sangat booming, berbagai merchandise Hatsune Miku bermunculan, salah satunya adalah nendoroid, dan nendoroid Sakura Miku hanya satu dari sekian varian nendoroid yang ada.

Dikemas dengan tema bunga sakura, box yang hampir sepenuhnya berwarna pink ini cukup masuk untuk tema musim semi, dimana bunga sakura mulai mengembang dan bertaburan.

Hatsune Miku

Nendoroid ini juga hadir dengan beberapa aksesoris tambahan seperti :

– 2 muka esktra
– 1 rambut ekstra
– 2 kaki ekstra
– 2 lengan ekstra
– 1 tangan memegang onigiri
– 2 cherry aksesoris kepala extra
– 1 (3 tumpuk) bantal duduk
– 1 kuntum bunga sakura
– 1 kuntum bunga sakura raksasa

Hatsune Miku1

Salah satu keunggulan nendoroid Miku dibandingkan dengan nendoroid-nendoroid lain adalah dia bisa berdiri tanpa stand, karena rambut twintail yang panjang hingga menyentuh kaki cukup kuat untuk menopang badannya.

hatsune Miku 3

hatsune Miku 5 hatsune Miku 4

Headphone yang biasa digunakannya kini dibuat berbentuk bunga sakura,

Hatsune Miku 07

Figure ini cukup detail, walaupun beberapa bagian lebih disederhanakan / chibified agar lebih terlihat imut seperti nendoroid pada umumnya tanpa mengurangi keaslian dari karakter asli.

Skema warna ciri khas miku yang berwarna toska kini menjadi pink, layaknya bunga sakura, serta tambahan buah cherry di bagian belakang bajunya. Ide cherry tersebut kemungkinan berasal dari “cherry-blossom” yang bila diartikan bunga sakura.

Hatsune Miku 08

Hatsune Miku 04

Hatsune Miku 03

Untuk memberikan kesan sakura,  rambutnya yang semi transparan pun diberi motif tambahan bunga sakura. Dilengkapi dengan 3 faceplate dari nendoroid yaitu : wajah senang, wajang X3, dan wajah sedih.

Hatsune Miku 10

Hatsune Miku  09

Hatsune Miku 08

Bila diperhatikan bentuk rambut depan ekstra ini sama persis dengan rambut default yang di dapat pada nendoroid ini, namun kegunaan sebenarnya adalah untuk dipasangkan headphone asli dari nendo hatsune miku no. 33.

Hatsune Miku 011

Kedua kaki bisa diganti dengan kaki yang menekuk, untuk membuat pose bergerak, walaupun gerakannya masi terbatas seperti nendoroid pada umumnya.

Hatsune Miku 012

Sekilas bunga sakura ini terlihat seperti bunga teratai, namun itu adalah bunga sakura yang dibuat berukuran jumbo. Bisa digunakan untuk tatakan nendoroid ini. Sedangkan bunga sakura yang kecil dibuat untuk menggantikan daun bawang  yang biasa dibawa oleh miku.

Hatsune Miku 013

Hatsune Miku 014

Aksesoris tambahan lainnya adalah onigiri, jajan nasi berbentuk gunung dari jepang yang sering digunakan untuk bekal. Kalau di Indonesia mungkin lebih dikenal dengan sebutan lemper 😀

Hatsune Miku 014

Bantal duduk lapis 3 biji ini bisa dicopot, namun ada tangkai yang menyatukan ketiga bantal ini pada bantal terbawah sehingga tidak bisa digunakan satu persatu.

Hatsune Miku 015

Bila bosan, ornamen rambut twintailnya bisa diganti dengan yang berbentuk buah cherry ini.

Hatsune Miku 016

Hatsune Miku 017

Figure ini cukup bagus untuk dikoleksi bagi fans dari Hatsune Miku, namun harganya bisa dibilang cukup mahal karena nendoroid ini tidak dijual di luar Jepang, hanya bisa dipesan dari web (web exclusive) dimana ongkos kirimnya mencapai 2000 yen, atau sekitar 200 ribu rupiah.

Walaupun nendoroid ini tergolong esklusif, di pasaran juga kini marak beredar versi palsunya (kw / hongli) , bahkan yang palsu ini sudah beredar lama sebelum aslinya keluar, jadi anda musti waspada dalam membeli figure yang satu ini, hanya yang bernomor 274 yang asli.

Ketiga nendoroid dibawah ini adalah contoh yang palsu, dimana aksesoris dan box nya sangat berbeda dari aslinya.

018

Berdasarkan pengetahuan BAFLO, nendoroid sakura miku yang palsu ini adalah nendoroid ‘custom’ buatan fans yang diproduksi secara masal sebelum versi resminya diproduksi, oleh karena itu beberapa bagian ada yang tidak sesuai aslinya.

 

Sumber:

Toni Ogikan dari grup BAFLO ( Bali Action Figure Lover)

Toni San

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya