Nama-Nama Hantu Jepang

Jepang juga sama dengan seperti negara-negara lain di asia yaitu memiliki banyak cerita hantu legenda yang berkembang pada pada zaman dahulu kala dan menjadi mitos yang dipercaya.  Jepang mengenal beberapa penampakan hantu, diantaranya adalah :

1.Hantu Jepang Onryou

Hantu Jepang yang disebut Onryou adalah hantu yang menaruh dendam kepada orang lain pada masa hidupnya. Dan setelah meninggal, dia akan gentayangan untuk membalas dendam terhadap orang-orang tersebut. Ciri dari hantu Onryou biasanya digambarkan sebagai berikut:

  • rambut panjang yg terurai
  • memakai kimono putih
  • pergelangan tangan menjuntai ke bawah
  • kaki tak tampak menjejak tanah

2.Hantu Jepang Ubume

Ubume adalah sosok hantu jepang berupa wanita yang meninggal ketika mengandung (lalu melahirkan dalam kubur) sehingga meninggalkan anak yang masih bayi dan hantu tersebut selalu kembali untuk merawat anaknya dengan membawa gula-gula. Apabila di Indonesia hantu ini sejenis dengan Kuntilanak atau Sundel Bolong. Penampakan hantu jepang bernama Ubume hampir sama dengan penampakan Onryou, hanya kisah asal muasalnya saja yang berbeda.

Dalam cerita lain, ubume akan mencoba untuk menarik perhatian manusia, dan memimpin dia untuk pergi ke tempat di mana anaknya tersembunyi, sehingga anaknya mendapat ritual yang benar dan diterima di kalangan masyarakat.

3.Hantu Jepang Funa Yuurei  

Funa Yuurei adalah hantu jepang yang berasal dari manusia yang tewas di tengah lautan. Hantu jepang jenis ini biasanya menampakkan diri pada penumpang kapal dan berpura-pura meminta bantuan kepada para penumpang, setelah itu mereka akan membalikkan kapal tersebut sehingga semua penumpang meninggal.

4.Hantu Jepang Zashiki Warashi

Nama Zashiki Warashi diambil dari istilah nama lantai tatami ‘Zashiki‘ dan ‘Warashi‘ (istilah lain untuk menyebut ‘bocah’) yang keseluruhannya berarti ‘Bocah di dalam ruangan’.Wujudnya menyerupai anak kecil dan bisa dibilang merupakan jin rumahan. Sama seperti anak kecil pada umumnya, pada dasarnya Zashiki Warashi adalah youkai yang senang bermain. Ia senang berlarian ke sana kemari, memainkan barang-barang, membunyikan alat musik, dan sebagainya.

Zashiki Warashi bukanlah yōkai yang agresif. Dari segi fisik dan perilaku, sama seperti anak manusia biasa dan tidak berbahaya. Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, kedatangan Zashiki Warashi merupakan pertanda bahwa keluarga yang didatangi adalah keluarga makmur yang sejahtera. Kehadirannya seolah memiliki pesan tersirat bahwa yōkai ini juga membutuhkan kasih sayang, perhatian, dan respek dari siapapun yang bersedia menjadi ‘orang tua asuh’nya. Jika Zashiki Warashi diperbolehkan menumpang, ia akan memancarkan aura keberuntungan yang berlipat ganda sebagai bukti balas budi. Namun jika Zashiki Warashi meninggalkan rumah apalagi dengan cara yang kurang menyenangkan seperti diusir, maka seluruh anggota keluarga akan medapat masalah. Mulai dari kebangkrutan, bencana alam, dan persoalan lainnya yang datang bertubi-tubi.

Cara Mendeteksi Keberadaan Zashiki Warashi.

Sulit bagi orang biasa untuk mengetahui apakah di rumahnya ada Zashiki Warashi atau tidak. Terkadang, Zashiki Warashi bisa terlihat oleh anak kecil yang masih sangat polos. Konon bagi mereka yang ingin bertatap muka langsung dengan Zashiki Warashi, harus mengunjungi terlebih dahulu sebuah kamar di hotel Ryokufuso di dalam area Kindai-Ichi Onsen yang berada di Ninohe, Iwate yang menurut urban legend disebut-sebut sebagai kediaman asli Zashiki Warashi. Menurut rumor yang beredar, pada tengah malam sosok Zashiki Warashi laki-laki akan menampakkan diri di sebuah ruangan bertatami lantai dua penginapan ini. Bagi siapa yang bisa melihatnya, akan memperoleh keberuntungan. Walau terdengar mistis, nyatanya hotel tersebut selalu ramai bahkan full booked dari jauh hari. Penginapan ini pernah terbakar yang disebabkan oleh seorang anak kecil misterius berkimono merah yang tengah bermain api di kuil belakang penginapan tersebut.Hanya kuil dan signage penginapan tersebut yang selamat dari lalapan api. Ryokufuso kemudian dibangun kembali menjadi sebuah hotel yang lebih modern. Selain itu, ada juga kuil khusus Zashiki Warashi yang terletak di kaki gunung Hayachine, bernama Kuil Hayachine. Di dalam kuil ini, terdapat banyak sekali boneka Zashiki Warashi dalam berbagai model yang dibawa oleh orang-orang yang datang dan tengah mencari berkah dan kebahagiaan.

5. Rokurokubi (Hantu Jepang Leher Panjang)

Rokurokubi adalah manusia yang mendapat hukuman karena melanggar pantangan dalam ajaran Buddha. Pada siang hari hantu jepang ini nampak seperti layaknya manusia biasa, mereka bisa membaur dengan masyarakat, bahkan ada yang mempunyai suami. Tapi waktu malam hari, leher mereka memanjang dan wajahnya dapat berubah jadi menyeramkan. Hantu jepang ini dikatakan gemar menakuti orang, biasanya mereka menampakkan diri dihadapan pemabuk atau orang yang sedang tidur. Konon Rokurokubi juga menghisap darah.

6. Hantu Jepang Nukekubi

Nukekubi, dalam bahasa China artinya leher yang bisa dilepas, hampir sama dengan hantu Jepang rokurokubi, pada siang hari bisa menjadi manusia biasa dan membaur dengan masyarakat, namun pada malam hari  kepala nekukebi bisa terpisah dari badannya.  Setelah terpisah dari tubuhnya, kepala hantu jepang ini bisa terbang untuk mencari manusia. Kepala yang terpisah ini akan menjerit dan menggigit korbannya. Dalam keadaan terpisah, tubuh hantu jepang nukekubi ini menjadi benda mati. Dalam beberapa legenda, jika kepala hantu jepang ini tak bisa menemukan badannyanya sampai matahari terbit, maka nukekubi itu akan mati. Cara untuk membedakan Nukekubi dengan orang biasa adalah adanya garis merah di leher, yang mana merupakan tempat terpisahnya kepala dengan badan (di Indonesia sangat mirip dengan Leak)

7. Hantu Jepang Kasabake

Kasabake adalah hantu jepang yang berwujud payung dengan mata satu dan lidah terjulur. Penopangnya adalah satu kaki (gagang payung) yang memakai sandal kayu. Hantu jepang ini suka berterbangan saat hujan turun. Konon Kasabake suka bermain dengan anak kecil.

8 Hantu Jepang Yuki-Onna

Yuki-Onna adalah siluman wanita salju. Hantu jepang ini berwujuda wanita cantik bergaun perak yang membunuh pemuda-pemuda yang tertarik padanya. Yuki-Onna dalam legenda Jepang akhirnya mencair oleh kehangatan hati seorang pemuda bernama Mokhisi.

9. Hantu Jepang Bermulut Robek (Kuchisake-Onna)

Kuchisake Onna, atau yang lebih dikenal sebagai wanita bermulut robek ini, menjadi legenda masyarakat yang menakutkan di jepang.

Kuchisake ona ini dikatakan sering berjalan-jalan di sebuah daerah di jepang dengan menggunakan masker bedah dan sering berburu anak-anak, dan jika anda berpapasan dengannya ia akan berhenti dan menanyakan apakah aku cantik jika anda memberikan jawaban yang salah maka anda akan mendapatkan kosekuensi yang sangat berat.

 ada banyak rumor tentang bagaimana Kuchisake Onna mendapatkan mulutnya yang robek, beberapa orang mengatakan bahwa ia mendapatkan mulut robeknya akibat operasi wajah yang salah, yang lain mengatakan bahwa ia mendapatkan kecelakaan mobil, beberapa orang lagi mengatakan kalau dia adalah seorang pasien yang kabur dari rumah sakit jiwa dan memotong sendiri mulutnya.

Menurut salah satu legenda, tahun yang lalu, di Jepang, hidup seorang wanita yang sangat cantik yang sangat sia-sia dan mementingkan diri sendiri. Suaminya adalah orang yang sangat cemburu dan brutal dan ia menjadi yakin bahwa dia mengkhianati dia. Dalam fit dari marah, ia mengambil pedang dan celah mulutnya dari telinga ke telinga, menjerit Dia menjadi roh pendendam Siapa yang akan berpikir kau cantik sekarang, dan mulai berkeliaran di jalan-jalan di Jepang, memakai masker bedah untuk menyembunyikan bekas luka mengerikan itu.

Terror dari wanita bermulut robek ini mulai menghantui jepang pada musim semi dan musim panas tahun 1979, ketika rumor ini menyebar tentang gadis bermulu robek yang mengenakan masker berburu anak-anak, kisah itu menyebar dengan cepat bagikan api yang melahap suatu benda, bahkan pilisi sekitar pun meningkatkan keamanan, dan pihak sekolah menyuruh siswanya pulang berkelompok.

Video trailer nya:

Kisah nyata, penampakan hantu yg pernah menjadi headline news di Jepang:

Mana meurutmu yang paling serem dan patut diajak berkenalan???? 😀 😀

  1. rahmat
    2 tahun yang lalu

    serem bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeettttttt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Reply
  2. maharani
    2 tahun yang lalu

    selow aza gw ma??????

    Reply
  3. fitrah
    2 tahun yang lalu

    betul serem banget ya1!!!!!!!!!!!

    Reply
  4. DwiraDarma
    1 tahun yang lalu

    Gileeee Kerenn……… Mantap gan

    Reply
  5. sofia
    1 tahun yang lalu

    Bikin merindinggggg??????

    Reply
  6. value
    1 tahun yang lalu

    sangat menantang nyali

    Reply
  7. Andres
    10 bulan yang lalu

    cuman kuchisake yg ngeri yg lain juga ngeri tapi kuchisake ngerih banggeettttt yg penting gua gak mau bertemu satu pun dari mereka semoga kita semua dijauhkan dari jin jin tsb amin

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya