Mie Instan Tercipta Pertama Kali di Jepang

Momofuku Ando lahir pada tanggal 5 Maret 1910 di Taiwan (yang pada waktu itu dibawah pendudukan Jepang). Dia memasuki bisnis makanan saat krisis makanan melanda Jepang setelah Perang Dunia II usai.

Momofuku Ando_1

Momofuku Anda pindah ke Jepang dan mendirikan perusahaan Nissin Foods pada tanggal 4 September 1948 di Ikeda, Osaka. Ando terinspirasi untuk mengembangkan produk instan ketika ia melihat barisan panjang orang yang mengantri untuk membeli mie ramen di sebuah warung pasca-perang. “Seseorang harus melakukan sesuatu untuk mengatasi ini,” katanya.

10 tahun kemudian, dengan seringnya melakukan kegagalan dalam bereksperimen, dia akhirnya berhasil menciptakan mie instan pertama di dunia. Pada tanggal 25 Agustus 1958, mie ayam ramen instan (chikin ramen) pertama diedarkan di pasaran dalam bungkusan plastik.

chikin_ramen1

chikin_ramen

Lalu pada tahun 1971, Ando mengeluarkan produk mie instan pertama yang siap saji dalam wadah styrofoam tahan air. Rasanya yang enak dan gampangnya cara penyajian – cukup ditambah dengan air panas – membuat produknya ini meraih sukses besar. Ando melihat penemuannya ditebar di rak toko-toko di seluruh dunia.

Menurut asosiasi produsen mie instan Jepang, pada tahun 2010 lebih dari 95 miliar porsi mie instan telah dikonsumsi di seluruh dunia. “Perdamaian datang saat orang-orang sudah cukup makan.” Itulah kutipannya yang paling terkenal.

Momofuku Ando meninggal karena gagal jantung pada tanggal 5 Januari 2007 diumurnya yang ke 96 tahun. Ando sempat berkata bahwa rahasianya berumur panjang adalah dengan bermain golf dan memakan chikin ramen hampir setiap hari. Bahkan dia masih memakan chikin ramen sehari sebelum dia meninggal.

cup_noodle

Sekarang Nissin Foods memperkerjakan lebih dari 22.000 pegawai di seluruh dunia, dipimpin oleh 2 anak laki-laki sang pendiri, Koki Ando (Presiden Direktur) dan Noritaka Ando (Direktur Marketing) serta 1 anak perempuannya, Kiyotaka Ando (Presiden Direktur Nissin di China).

The Momofoku Ando Instant Ramen Museum.

momofuku-ando-statue2

 

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya