Menjalin Keakraban Dengan “Nomikai 飲み会”

“Nomikai” dapat diartikan sebagai “Japanese Drinking Party”, atau acara minum-minum. Acara minum-minum ini merupakan salah satu dari tradisi yang dilakukan oleh orang Jepang. Tradisi ini dilakukan para teman sekantor dan atasan, teman-teman satu universitas, pada saat pesta perpisahan atau menyambut teman baru, dan pada saat pesta akhir tahun dan menyambut tahun baru. Acara ini biasanya dilakukan di restoran atau “izayaka”, para tamu duduk bersama di sekitar sebuah meja yang besar.

Dapat dikatakan bahwa, jika kita hidup di Jepang, salah satu aspek kehidupan yang wajib kita kuasai selain menguasai bahasa Jepang adalah mengikuti acara “nomikai”. Acara “nomikai” menjadi salah satu event penting untuk kita menjalin relasi baik dengan teman-teman di lingkungan kita, baik itu lingkungan kerja maupun lingkungan sekolah. Dalam lingkungan kerja misalnya, acara ini biasanya diadakan sepulang dari kantor. Bahkan beberapa karyawan menganggap kegiatan ini sebagai kewajiban apalagi bila yang mengajak adakah atasan mereka, karena ada anggapan di Jepang bahwa jika seseorang langsung pulang setelah jam kantor tanpa mengikuti acara “nomikai” terlebih dahulu maka orang tersebut dianggap orang yang tidak penting di tempatnya bekerja.

Acara ini biasanya akan dibuka dengan sebuah sambutan singkat dari salah satu peserta. Ada baiknya jika kita mengikuti acara “nomikai”, sebelumnya kita sudah menyiapkan sebuah sambutan singkat dari rumah, karena bukan tidak mungkin orang-orang di acara itu tiba-tiba meminta kita yang member sambutan dan membuka acara.

Sebelum mengikuti acara “nomikai”, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, jangan datang terlambat karena semua orang tidak akan menikmati hidangan makanan dan minuman yang tersedia sampai kita datang. Kemudian ketika kita akan mengambil foto untuk mengabadikan momen sebaiknya kita hanya menggunakan kamera ponsel, karena orang Jepang merasa risih jika diambil gambar dirinya dalam keadaan terpengaruh alkohol. Hal lain yang harus dilakukan dalam acara ini adalah menyapa dan mengobrol singkat dengan semua orang yang ada di dalam acara dan mencoba semua hidangan yang telah disediakan. Hal terakhir yang paling harus diingat adalah, pada hari berikutnya setelah acara minum-minum ini, jangan pernah datang ke kantor atau ke kampus dengan keadaan kacau karena sisa mabuk semalam dan membicarakan hal-hal konyol yang dilakukan teman-teman kita di pada saat di acara kemarin. Jika kita ingin membahas keasyikan acara semalam, maka sebaiknya gunakan kata-kata yang umum, tanpa menyebutkan secara detail kekonyolan yang telah dilakukan oleh seseorang.

Sumber: http://www.axiommagazine.jp

  1. Irfan
    5 tahun yang lalu

    w pengen coba

    Reply
  2. Irfan
    5 tahun yang lalu

    kalau w dgn tmn w biasanya pergi jalan makan wjwkwkwk…

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya